Organization Archives: IDB

Keuangan Islam dan Usulan Model Dewan Pengawas Syariah Turki

Dari berbagai usulan atas model Dewan Pengawas Syariah dapat disimpulkan bahwa idealnya anggota Dewan Pengawas Syariah menguasai ilmu fiqh dan juga akuntansi. Namun, salah satu kelemahannya adalah masih minimnya orang yang menguasai dua bidang tersebut, maka untuk solusi terbaik adalah adanya kerjasama antara auditor dan Dewan Pengawas Syariah. untuk di Indonesia sendiri pun peran dari auditor untuk entitas syariah masih dipegang oleh Dewan Pengawas Syariah, dan ini menjadi peluang tersendiri untuk mahasiswa dan lulusan akuntansi syariah untuk dapat mengambil peluang tersebut.

Baca selengkapnya »

Langkah Strategis Menuju SDM Ekonomi Syariah Berdaya Saing

Oleh karena itu perlu langkah strategis Menuju SDM Ekonomi Syariah Berdaya Saing. Sebagai perwujudan komitmen untuk proaktif mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan Islam di Indonesia, Bank Indonesia bekerja sama dengan Islamic Research and Training Institute – Islamic Development Bank (IRTI – IDB) menyelenggarakan Seminar "Pengembangan Sumber Daya Manusia (Human Capital Development)" pada tanggal 13 Mei 2016 di Jakarta. Seminar yang mengangkat tema "Mencetak Sumber Daya Manusia yang Kompetitif bagi Pemberdayaan Ekonomi (Producing Competitive Human Capital for Economic Empowerment)" tersebut menghadirkan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Hendar sebagai keynote speaker. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Pertemuan Tahunan ke-41 IDB Group. Berikut Keynote Speech Deputi Gubernur Bank Indonesia, Hendar.

Baca selengkapnya »

Sukuk Ritel Sebagai Investasi Masa Depan

Saat ini sukuk sedang berkembang pesat di Indonesia. Menurut data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan RI tercatat total Penerbitan SBSN 2008-13 Jan 2016 sebesar Rp 390,82 triliun dan Total Outstanding SBSN sebesar Rp 297,49 triliun. Melihat pesatnya perkembangan sukuk di berbagai dunia. Ini menjadi kesempatan besar bagi kita untuk bisa memilikinya. Karena ketika membeli sukuk, maka kita akan mendapatkan kupon bagi hasil/fee/margin yang akan dikembalikan lagi saat jatuh tempo.

Baca selengkapnya »

Sinergi Zakat dan Pajak Dalam Memberantas Kemiskinan

Dengan semakin berkembangnya lembaga-lembaga zakat yang ada, tentu saja penghimpunannya dari tahun ke tahun akan terus meningkat. Menariknya, kini di Indonesia sudah ada penerapan kebijakan zakat sebagai pengurang pajak. Dengan ini, dana zakat akan dapat terus tergali tanpa mengurangi pendapatan pajak yang diterima pemerintah. Dan salah satu negara yang berhasil menerapkan kebijakan ini adalah Malaysia. Pendapatan zakat dan pajak terus meningkat secara bersamaan di negara tersebut.

Baca selengkapnya »