Organization Archives: Dompet Dhuafa

Kurikulum dan Guru

Seperti apa yang diungkapkan oleh Asep Sapaat salah seorang praktisi pendidikan yang juga mantan Direktur Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa “Tak ada satu pun model pembelajaran terbaik untuk guru-guru. Yang terbaik, yang tepat ditampilkan di tempat yang tepat dan situasi yang tepat. Tak ada satu pun strategi mengajar yang terbaik. Semua tergantung pada situasi dan waktu yang yang tepat untuk dipraktikan guru. Sedahsyat apa pun kurikulum berbasis saintifik dengan model tematik integratif, jika tidak dipahami dan tak bisa diterjemahkan guru dalam praktik pembelajaran semua hanya isapan jempol belaka”. Itu artinya tak ada metode ataupun strategi terbaik, melainkan ketepatan guru dalam menerapkan metode atau strategi pembelajaran di dalam kelas yang disesuaikan dengan tempat dan situasi yang tepat juga. Tentu hal ini dapat dijadikan bahan refleksi bagi para guru.

Baca selengkapnya »

Relawan Sekolah Literasi Indonesia untuk Negeri

Program utama kami adalah memperbaiki budaya sekolah dan sistem instruksional yang ada di sekolah. Program ini merupakan program utama Sekolah Literasi Indonesia yang dijalankan oleh Makmal Pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa. Harapan besar kami adalah sekolah ini nantinya bisa mandiri dan menjadi sekolah model yang ada di kecamatan Sebatik Tengah. Untuk menjalankan program ini di awal kegiatan, kami melakukan pengukuran performa sekolah. Alat yang kami gunakan dalam pengukuran performa sekolah adalah MPC4SP 2.0 (Makmal Pendidikan Criteria For School Performance versi 2.0) produk dari laboratorium Makmal Pendidikan.

Baca selengkapnya »

Kelasku, Halaman Rumah Guruku

Putra-putri Indonesia yang berada di kamar-kamar mewah, di ruang tengah ataupun pusat negeri ini yang mampu menjangkau akses pendidikan yang memadai, mari bercerminlah kita pada kaca semangat anak-anak pedalaman yang tinggal di tepian negeri ini. Sudahkah kita bersyukur dengan belajar sungguh-sungguh dan sungguh-sungguh belajar? Tidakkah kita malu pada semangat kita yang rombeng? Pernahkah kita berpikir betapa akses pendidikan yang terjangkau oleh tangan-tangan kita adalah hal yang paling mereka rindukan di beranda negeri ini? Ah, nikmat Tuhanmu mana lagikah yang kau dustakan?

Baca selengkapnya »

Awal Perjalanan Pejuang Pendidikan SGI di Ibu Kota Jakarta

Sedih rasanya mendapat jadwal keberangkatan penempatan yang terakhir dibanding dengan teman-teman SGI XVI lainnya. Keberangkatan penempatan SGI XVI dimulai di hari Senin (08/2/2016) dini hari sampai hari Selasa (09/2/2016). Pemberangkatan pertama dilakukan oleh tim luar Jawa disusul oleh tim Jawa siang hari sampai hari Selasa. Penempatan kali ini sedikit berbeda dengan penempatan sebelumnya.

Baca selengkapnya »

Pengenalan Kecerdasan Sebagai Modal Daya Saing Pasca Kampus

Cara kita dalam memahami dan menguasai keterampilan adalah dengan mempelajarinya. Keterampilan dan kecerdasan akan lebih membantu dengan kemampuan kita dalam melihat peluang. Menutupi kekurangan atau keterbatasan orang lain bisa menjadi peluang bagi kita dalam memberikan manfaat dari kelebihan yang kita punya. Kebermanfaatan terhadap orang lain bisa membuat kita menjadi besar. Kemampuan yang paling rare dimiliki orang dan membuat seseorang menjadi lebih sukses dari sebelumnya adalah learning agility.

Baca selengkapnya »
Organization