Organization Archives: Al-Jazeera

Ketika Media-Media Barat ‘Bersepakat’ dalam Menanggapi Gagalnya Kudeta di Turki

Dua hari terakhir ini, media-media di Amerika dan Inggris sedang ramai menyerang Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, setelah berhasil menggagalkan upaya kudeta, Sabtu (16/07/2016) yang lalu. Hal yang mencolok adalah mengapa media-media tersebut bersepakat pandangannya seakan dipublikasikan oleh satu pimpinan redaksi. Pandangan itu adalah bahwa Erdogan telah mengeksploitasi kemenangannya melawan kudeta untuk memperkuat kediktatoran dan membungkam lawan-lawan politiknya.

Baca selengkapnya »

Mayoritas Militer Turki Tolak Upaya Kudeta

Para pejabat Turki berulang kali menegaskan bahwa percobaan kudeta yang terjadi Sabtu (16/07/2016) dini hari tadi, tidak mendapat dukungan dari mayoritas militer. Para pelaku tidak akan mampu memaksakan kontrol di semua wilayah. Koresponden Al-Jazeera menukil dari panglima angkatan bersenjata Turki, bahwa mayoritas prajurit tidak ikut serta dalam upaya kudeta. Pihak militer juga menegaskan bahwa yang melakukan upaya kudeta adalah “faksi kecil” di tubuh militer. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan hendaknya tetap tenang.

Baca selengkapnya »

Ledakan Bom Tidak Hanya di Kota Madinah, tapi Juga di Jeddah dan Qatif Arab Saudi

Dua orang diberitakan tewas dalam sebuah ledakan bom di Kota Madinah Arab Saudi, Senin (4/7/2016). Berbagai foto di media sosial menunjukkan asap mengepul di sebuah kobaran api dekat masjid Nabawi. Dilaporkan juga bahwa terjadi dua ledakan lainnya yang mengguncang dekat sebuah masjid di kota Qatif di pantai Teluk, pada Senin malam, kata penduduk setempat. Dan sebelumnya, pada Senin pagi, dua petugas keamanan dilaporkan terluka ketika pembom bunuh diri meledakkan dirinya di dekat kantor konsulat Amerika Serikat di Laut Merah kota pelabuhan Jeddah.

Baca selengkapnya »
Organization