Topic
Home / Berita / Silaturahim / Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

dakwatuna.com – Jakarta. Para sarjana alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang bernaung dalam Fusi Foundation menggelar Grand Launching teknologi SALAM (sterilisasi lantai masjid) di Masjid Ukhuwah Islamiyah (MUI), Kampus UI Depok, Jumat (24/7).

Dalam sambutannya, Ketua Masjid UI Depok, Prof. DR. Ibnu Hamad menegaskan bahwa SALAM ini high tech low touch, teknologinya mutakhir tetapi penggunaannya mudah, bisa dilakukan termasuk oleh petugas cleaning service masjid.

“Setelah melalui serangkaian penyempurnaan desain, prototipe SALAM mendapat dukungan positif dari segenap elemen bangsa Indonesia yang merindukan hadirnya solusi Desain Produk untuk masyarakat Indonesia menghadapi masa new normal,” ujar Ahmad Fitrianto selaku Ketua Umum Fusi Foundation saat memberikan sambutan.

Kegiatan ini dihadiri Dekan Fakultas Teknik Universitas Indoensia (FTUI) Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng.; Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) Andre Rahardian, Ketua DKM Masjid UI Prof. DR. Ibnu Hamad, serta perwakilan para donatur dan penerima manfaat.

Ahmad menjelaskan penamaan teknologi SALAM ini artinya doa keselamatan dan keberkahan.

“Kami berharap ada keselamatan dan keberkahan bagi segenap jamaah dengan wasilah teknologi ini untuk sterilisasi alas sujud di masjid dan mushola,” imbuhnya.

Menurutnya, area utama yang menjadi obyek vital potensi penularan virus berbasis aerosol adalah lantai dan berbagai variasi alas sujudnya baik karpet, tikar maupun sajadah.

“Suci dari hadats besar dan hadats kecil adalah bagian dari syarat sah sholat. Suci dari najis pada pakaian, badan, dan tempat sholat juga menjadi syarat sah sholat. Kedua hal tersebut menjadi inspirasi kami mengembangkan teknologi sterilisasi lantai masjid,” ujar Ahmad.

Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng menjelaskan, kiprah civitas academica dan alumni FTUI menghadirkan solusi engineering untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia adalah implementasi tridharma perguruan tinggi.

“Ini adalah ikhtiar maksimal yang harus tetap disempurnakan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan physical distancing”, kata Pak Dekan FTUI.

ILUNI UI, ILUNI FTUI, Yayasan Masjid Nusantara (YMN) dan ZIS Indosat menjadi lembaga donor sekaligus mitra penyalur SALAM untuk masjid dan mushola.

Desain orisinil dan tepat guna teknologi SALAM berhasil menjadi pemenang utama kompetisi World Industrial Design DayTM (WIDD) yang digelar Indosat Ooredoo secara Online bertemakan “Design For Everyday Life.”

Program tersebut menginduk ke World Design OrganisationTM (WDO), lembaga internasional mitra Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang secara serempak juga diselenggarakan di 85 kota seluruh dunia.

Sejumlah pengurus DKM Masjid perkantoran dan perumahan hingga donatur perorangan turut mewujudkan produksi perdana SALAM sebanyak 100 unit.

SALAM (Sterilisasi Lantai Masjid) merupakan karya inovasi sahabat Fusi Foundation yang desainnya diwakafkan untuk bangsa Indonesia sebagai upaya dalam menghadirkan keamanan dan kenyamanan beribadah dari ancaman COVID-19.

Peluncuran inovasi tersebut diakhiri dengan diserahterimakan SALAM kepada para donatur dan penerima manfaat.

Ketua Umum ILUNI Andre Rahadian berharap teknologi ini bisa dirasakan oleh segenap bangsa Indonesia bahkan dunia.

Info lebih lengkap bisa menghubungi narahubung Yusuf Donner 0856-8128126.

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Doa dan Munajat untuk Keselamatan Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Figure
Organization