Perhitungan Suara Ulang di Istanbul, KPU Turki Temukan Ribuan Suara Sah untuk AKP

Ketua AKP Istanbul Ihsan Yavuz. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Istanbul. Hasil akhir pemilihan kepala daerah Istanbul, Turki, belum final. Setelah sebelumnya diwartakan kandidat oposisi dari partai CHP memenangi perebutan kota besar itu, komisi pemilihan setempat melakukan perhitungan suara ulang.

Perhitungan ulang ini dilakukan atas permintaan dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP). Partai penguasa itu menduga terjadi kecurangan dalam perhitungan suara di Istanbul.

Diketahui, AKP sendiri mencalonkan sahabat dekat Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang sekaligus mantan PM Turki, Binali Yildirim. Hasil sebelum perhitungan ulang menyebut Yildirim kalah sekitar 27.889 suara dari kandidat CHP, Ekrem Imamoglu.

KPU Istanbul sejak tanggal 1 April lalu telah membuka kembali 530 kotak suara. Hasilnya, ada sekitar 11.109 suara sah untuk AKP yang tidak masuk dalam perhitungan sebelumnya.

Hal itu disampaikan oleh Ketua AKP Istanbul, Ali İhsan Yavuz, pada Kamis  (04/05/2019) kemarin. Ia juga menjelaskan, ada 1.641 suara untuk AKP dari total 5.857 kotak suara, yang merupakan bagian dari perhitungan ulang suara yang sebelumnya dinyatakan tidak sah.

Sementara menurut koresponden Al Jazeera, Komisi Pemilihan di Istanbul sejauh ini baru menghitung kembali kotak suara di tujuh wilayah dari total 39 wilayah di Istanbul. (whc/dakwatuna.com)

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...