Home / Berita / Internasional / Asia / Pemilu Lokal Turki: AKP Menang, namun Kalah di Sejumlah Kota Besar

Pemilu Lokal Turki: AKP Menang, namun Kalah di Sejumlah Kota Besar

Rangkuman hasil pemilu Turki. Warna kuning menunjukkan kemenangan AKP. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Ankara.

Berdasarkan hasil hitung cepat, koalisi pemerintah yang terdiri dari Partai Keadilan Pembangunan (AKP) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) berhasil menang atas koalisi oposisi yang terdiri dari sejumlah partai oposisi pemerintah.

Disebutkan, AKP dan MHP berhasil memenangi 40 dari 81 provinsi. Hanya saja, mereka dipastikan kalah di sejumlah kota besar seperti ibu kota Ankara dan kemungkinan juga Istanbul.

Berdasarkan hitung cepat, kolaisi AKP yang menamakan diri Koalisi Rakyat berhasil memperoleh suara sebesar 51,74 persen. Sementara koalisi oposisi atau yang dikenal dengan Koalisi Bangsa yang dipimpin Partai Rakyat Republik (CHP) memperoleh suara sebesar 37,64 persen.

AKP juga dipastikan memenangi pemilihan di 778 kota, yang menempatkannya pada urutan pertama kemenangan partai peserta pemilihan. Sedangkan CHP menang di 242 kota, MHP di 236 kota, HDP di 63 kota, IYI di 22 kota dan partai lain di 42 kota.

AKP memenangkan 44,95 persen dari total kota, CHP 30,25 persen, IYI 7,39 persen, MHP 6,80 persen, HDP 4,1 persen dan partai lain sebesar 6,60 persen.

Sebanyak 43.651.815 orang turut serta memberikan suaranya dalam pemilihan kali ini. Sementara jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 57.093.410 orang.

Partisipasi dalam pemilihan mencapai 83,99 persen. Suara tidak sah mencapai 1.395.233, atau sekitar 3,2 persen.

Kota Besar

Di ibu kota Ankara, lebih dari 3juta pemilih turut serta memberikan suaranya. Hasilnya, kandidat dari partai oposisi CHP berhasil memenangi kontestasi dengan memperoleh 50,62 persen, sementara kandidat dari AKP hanya 47,20 persen.

Hasil ini membuat AKP untuk pertama kalinya sejak tahun 1994 harus kehilangan kursi kepala daerah Ankara.

Sedangkan di Istanbul, persaingan antara AKP dan CHP masih sangat ketat. Ketua KPU Turki mengatakan, hasil sementara memenangkan kandidat CHP dengan 4.159.650 suara, sementara kandidat AKP Binali Yildirim memperoleh 4.131.761 suara.

Sementara di Kota Tunceli, persaingan justru dimenangkan oleh kandidat dari Partai Komunis Turki, Fatih Mehmet Macoglu. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Referendum Mesir, Cara As-Sisi Untuk Berkuasa Hingga 2030

Organization