Home / Berita / Internasional / Asia / Hari Ini, Turki Gelar Pemilihan Kepala Daerah Serentak

Hari Ini, Turki Gelar Pemilihan Kepala Daerah Serentak

Seorang warga memperlihatkan surat suara sebelum mencoblos. (Anadolu)

dakwatuna.com – Ankara. Masyarakat Turki hari ini, Ahad (31/03/2019), berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara dalam rangka pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang digelar secara serentak. Tercatat, 57 juta pemegang suara akan menentukan pemimpin daerah untuk 81 provinsi di Turki

Dilansir dari kantor berita Anadolu, pemungutan suara dimulai pukul 07.00 pagi waktu setempat (11.00 WIB) dan akan berlanjut hingga 04.00 sore waktu setempat di 32 dari 81 provinsi Turki.

Sedangkan di provinsi lainnya, tempat pemungutan suara dibuka pukul 8.00 pagi dan ditutup pada pukul 5.00 sore waktu setempat.

Pemilih yang tinggal di kota-kota besar Turki akan memilih wali kota, serta pemimpin kota kabupaten, anggota dewan kota, mukhtars (pejabat lingkungan), dan anggota dewan kehormatan.

Pemilih akan memilih kandidat dari 12 partai politik yang bersaing dalam pemilihan lokal. Lebih dari 44 juta warga diharapkan memilih di 142.777 tempat pemungutan suara di 30 kota terbesar.

Sementara itu, 12,8 juta pemilih akan memilih di 51.851 tempat pemungutan suara di 51 provinsi.

Pemilihan semacam ini merupakan pertama kalinya digelar dalam sistem presidensial yang baru diadopsi negara itu setelah referendum April 2017.

Partai-partai politik

Sejumlah partai tampak turut berkompetisi dalam pemilihan kali ini. Partai-partai itu adalah Partai Keadilan dan Pembangunan (AK), oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP), Partai Gerakan Nasionalis (MHP), Partai Baik (IYI), dan Partai Demokrasi Rakyat (HDP).

Selain itu Partai Turki Independen (BTP), Partai Kesatuan Besar (BBP), Partai Demokrat (DP), Partai Demokratik Kiri (DSP), Partai Saadet (Felicity), Partai Komunis Turki (TKP), dan Partai Patriotik (Vatan).

Beberapa partai politik – termasuk Partai AK- mengumumkan koalisi di beberapa kota.

Dalam Aliansi Rakyat (Cumhur Ittifaki), Partai AK dan MHP sepakat mengusung kandidat pada 30 kota metropolitan dan 51 provinsi.

Pihak oposisi telah membentuk Aliansi Bangsa (Millet Ittifaki), yang menyatukan Partai CHP dan IYI untuk saling mendukung satu sama lain dalam 22 dari 30 kota metropolitan.

CHP mencalonkan 12 kandidat dan setuju untuk mendukung 10 kandidat Partai IYI di kota-kota metropolitan. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Referendum Mesir, Cara As-Sisi Untuk Berkuasa Hingga 2030

Organization