Home / Berita / Internasional / Asia / Rekonsiliasi Tidak Gratis, Israel Jamin Keamanan Arab Terhadap Ancaman Iran

Rekonsiliasi Tidak Gratis, Israel Jamin Keamanan Arab Terhadap Ancaman Iran

Edy Cohen saat menyampaikan seminar di Cina. (shaam.org)

dakwatuna.com – Doha. Seorang penulis dan pengamat Edy Cohen mengungkap fakta pendaratan pesawat Israel di Riyadh, Arab Saudi pekan lalu. Ia menambahkan, ada pula penerbangan pekanan dari Tel Aviv menuju Abu Dhabi.

Hal itu ia sampaikan dalam acara The Opposite Aljazeera episode 19 Februari 2019 lalu. Dalam kesempatan itu, Cohen mengakui kegagalan Israel dalam menembus opini publik Arab.

Namun begitu, Cohen menilai Israel tidak ambil pusing dengan kegagalan tersebut. Menurutnya, yang menjadi fokus Tel Aviv adalah bagaimana mewujudkan penandatanganan keamanan dengan pemerintah Arab, untuk menjamin keamanan mereka dari ancaman Israel.

Cohen pun membantah tudingan yang menyebut rekonsiliasi Arab-Israel dilakukan tanpa biaya. Menurutnya Israel membayar rekonsiliasi dengan memberikan jaminan keamanan dari Iran.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Cohen juga mengungkap fakta bahwa rekonsiliasi ini telah terjadi sejak lama. Sementara yang saat ini, imbuhnya, adalah proses perubahan dari rahasia menjadi terbuka. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Organization