Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Menlu Oman Sebut Israel Salah Satu ‘Negara’ di Timur Tengah

Menlu Oman Sebut Israel Salah Satu ‘Negara’ di Timur Tengah

Menlu Oman Yusuf Alawi (kiri) berjabat tangan dengan PM Israel Benyamin Netanyahu di sela-sela KTT Anti-Iran di Polandia. (Anadolu)

dakwatuna.com – Muskat. Menteri Luar Negeri Oman Yusuf Alawi bin Abdullah mengejutkan dunia dengan salah satu pernyataannya saat diwawancara media Jerman, DW. Bagaimana tidak, ia menyebut Israel sebagai salah satu negara di Timur Tengah.

“Kami menganggap Israel sebagai salah satu negara di Timur Tengah. Tapi saya yakin mereka akan takut dengan konsekuensi yang harus dihadapi jika benar diakui sebagai bagian dari Timur Tengah,” kata Yusuf Alawi, seperti dikutip dari Anadolu Arabic, Sabtu (16/02/2019).

Menurutnya, Oman akan tetap bersikap sebagai mediator untuk perdamaian Palestina dan Israel.

Tak hanya itu, Yusuf Alawi yang turut serta dalam Konferensi Keamanan dan Perdamaian Timur Tengah di Polandia juga membahas perihal hubungan negaranya dengan Iran.

“Kami akan melanjutkan hubungan dengan Iran, dan saudara-saudara kami di Teluk mengetahui hal itu,” terangnya.

Pewawancara kemudian memotong pernyataan Yusuf Alawi dengan pertanyaan, “meskipun Oman mendekat pada Israel?”

“Ya, meskipun kami mendekat dengan pihak manapun,” jawabnya.

Di sela-sela konferensi tersebut, Yusuf Alwi juga tampak mengadakan pertemuan bilateral dengan PM Israel Benyamin Netanyahu. Konferensi itu sendiri disebut sebagai KTT Anti-Iran karena membahas ancaman Iran di Timur Tengah.

Pernyataan Yusuf Alawi tersebut semakin menguatkan isu rekonsiliasi hubungan antara negara-negara Arab dengan Israel. Khususnya dengan Oman, Netanyahu bahkan pernah berkunjung ke Muskat untuk bertemu Sultan Qaboos, meski antara Oman dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik resmi. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization