Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / DPR AS Sepakat Hentikan Dukungan untuk Arab Saudi dalam Perang Yaman

DPR AS Sepakat Hentikan Dukungan untuk Arab Saudi dalam Perang Yaman

dakwatuna.com – Washington. House of Representative (DPR AS) sepakat untuk menghentikan dukungan kepada Arab Saudi dalam perang Yaman.

Seperti dikutip dari Aljazeera, Kamis (14/02/2019), dalam pemungutan suara yang dilakukan terkait resolusi ini, 248 anggota menyetujui penghentian dukungan, sementara 177 lainnya menolak.

Inisiator resolusi tersebut menilai, sejumlah prasyarat yang dapat dijadikan dalih partisipasi AS dalam perang tersebut tidak cukup.

Hanya saja, suara 248 anggota DPR AS itu belum mencukupi untuk menghentikan veto dari Presiden AS Donald Trump.

Sebelumnya, Gedung Putih secara tegas menyebut akan menggunakan hak veto untuk membatalkan resolusi yang disepakati Kongres tersebut. Hak ini nantinya akan melanggengkan kebijakan luar negeri Washington terhadap Arab Saudi.

Dua pekan silam, inisiator yang terdiri dari Republik dan Demokrat mengajukan resolusi itu sebagai pesan ancaman terhadap Riyadh. Para inisiator menganggap, Saudi setidaknya bertanggung jawab atas bencana kemanusiaan di Yaman dan kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

Namun pemerintahan Trump mengatakan resolusi itu tidak tepat karena pasukan AS memberikan dukungan hanya dalam bentuk pengisian bahan bakar, dan tidak mendukung pasukan tempur secara langsung.

Pemerintah menambahkan, tindakan itu akan merusak hubungan di kawasan tersebut, serta akan melemahkan peran AS untuk mencegah penyebaran ekstremisme kekerasan di sana. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization