Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Kritik AIPAC Israel, Anggota DPR AS Berhijab Dituding Anti-Yahudi

Kritik AIPAC Israel, Anggota DPR AS Berhijab Dituding Anti-Yahudi

Anggota DPR AS Berhijab, Ilhan Omar. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Washington. Anggota House of Representative (DPR AS) Ilhan Omar menghadapi kecaman luas dari publik Amerika. Hal itu dipicu oleh kritikannya kepada Komite Urusan Umum Amerika-Israel (AIPAC) beberapa waktu lalu.

Diketahui, AIPAC merupakan komite lobi yang bertujuan melobi Legislatif maupun Eksekutif AS agar menghasilkan kebijakan yang dapat meningkatkan hubungan Washington-Tel Aviv.

Sebelumnya, Ilhan menyebut dukungan AS kepada Israel berasal dari dana yang digelontorkan oleh AIPAC. Namun, Ilhan kemudian menarik pernyataannya dan meminta maaf.

“Kita harus selalu bersedia untuk mundur dan berpikir tentang kritik. Saya juga berharap orang-orang mendengar saya ketika beberapa orang menyerang saya karena identitas saya, dan untuk alasan itu saya meminta maaf,” kata anggota DPR AS dari Minnesota tersebut, seperti dikutip dari Aljazeera, Selasa (12/02/2019).

Permintaan maaf itu tampaknya belum cukup, mengingat masih banyaknya kecaman terhadap Ilhan. Salah satu kecaman bahkan datang dari Presiden AS Donald Trump.

“Saya rasa ia (Ilhan) seharusnya malu pada dirinya sendiri. Saya melihat pernyataannya sangat buruk, dan permintaan maaf saja tidak cukup,” kata Trump.

Selain itu, Ketua DPR AS Nancy Pelosi juga menyampaikan kecaman yang sama kepada Ilhan. Menurutnya, pernyataan Muslimah Berhijab itu mengandung unsur-unsur anti-Yahudi.

Sejumlah pimpinan Partai Demokrat dan Republik juga mendesak agar wanita berdarah Somalia itu untuk segera minta maaf.

Bulan Januari lalu, Ilhan juga telah meminta maaf atas pernyataannya di Twitter tahun 2012 lalu. Dalam cuitannya saat itu, Ilhan mengecam keras serangan Israel atas Jalur Gaza. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization