Home / Berita / Internasional / Asia / Aksi Bela Muslim Uighur Digelar di New York

Aksi Bela Muslim Uighur Digelar di New York

Massa aksi di depan Konsulat Cina di Manhattan, New York, AS. (Anadolu)
dakwatuna.com – New York. Aksi solidaritas dukungan untuk Etnis Muslim Rohingya digelar di depan Misi Diplomatik Cina di New York, Amerika Serikat (AS), Sabtu (09/02/2019). Massa aksi mengecam kebijakan represif Cina terhadap Muslim Rohingya yang ada di Provinsi Xinjiang.

Dilansir dari kantor berita Anadolu, Senin (11/02/2019), aksi tersebut terselenggara di bawah koordinasi Pandangan Nasional Komunitas Islam (IGMG). Peserta aksi sebagian besar adalah warga Turki dan warga keturunan Uighur.

Massa yang berkumpul di depan Gedung Konsulat Cina di Manhattan itu membawa bendera Cina dan Turkistan Timur. Selain itu, mereka juga membawa poster dengan berbagai tulisan seperti ‘Kebebasan Turkistan Timur’, dan ‘Setop membunuh Uighur’.

Ketua IGMG AS, Ayhan Ozmekik di hadapan massa aksi dengan tegas mengatakan, berkumpulnya mereka dalam rangka mengutuk kebijakan Cina terhadap Muslim Uighur.

“Kami mengutuk insiden keji ini, yang merupakan refleksi pahit dari kebijakan asimilasi dan penganiayaan Cina di Turkistan Timur,” ujar Ozmekik.

Organisasi non-profit itu juga mengimbau seluruh pemimpin negara di dunia untuk tidak tinggal diam terhadap isu Uighur ini.

Diketahui, pemerintah Cina memberlakukan kebijakan represif terhadap Muslim Uighur di Xinjiang. Bahkan, laporan PBB menyebut ada lebih dari 1 juta Muslim Uighur yang ditahan dalam kamp pendidikan ulang. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Netanyahu Rayakan ‘Rekonsiliasi Arab’ dengan Rampas Rumah Palestina dan Tutup Masjidil Aqsha

Organization