Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Aksi Bela Muslim Uighur Digelar di New York

Aksi Bela Muslim Uighur Digelar di New York

Massa aksi di depan Konsulat Cina di Manhattan, New York, AS. (Anadolu)
dakwatuna.com – New York. Aksi solidaritas dukungan untuk Etnis Muslim Rohingya digelar di depan Misi Diplomatik Cina di New York, Amerika Serikat (AS), Sabtu (09/02/2019). Massa aksi mengecam kebijakan represif Cina terhadap Muslim Rohingya yang ada di Provinsi Xinjiang.

Dilansir dari kantor berita Anadolu, Senin (11/02/2019), aksi tersebut terselenggara di bawah koordinasi Pandangan Nasional Komunitas Islam (IGMG). Peserta aksi sebagian besar adalah warga Turki dan warga keturunan Uighur.

Massa yang berkumpul di depan Gedung Konsulat Cina di Manhattan itu membawa bendera Cina dan Turkistan Timur. Selain itu, mereka juga membawa poster dengan berbagai tulisan seperti ‘Kebebasan Turkistan Timur’, dan ‘Setop membunuh Uighur’.

Ketua IGMG AS, Ayhan Ozmekik di hadapan massa aksi dengan tegas mengatakan, berkumpulnya mereka dalam rangka mengutuk kebijakan Cina terhadap Muslim Uighur.

“Kami mengutuk insiden keji ini, yang merupakan refleksi pahit dari kebijakan asimilasi dan penganiayaan Cina di Turkistan Timur,” ujar Ozmekik.

Organisasi non-profit itu juga mengimbau seluruh pemimpin negara di dunia untuk tidak tinggal diam terhadap isu Uighur ini.

Diketahui, pemerintah Cina memberlakukan kebijakan represif terhadap Muslim Uighur di Xinjiang. Bahkan, laporan PBB menyebut ada lebih dari 1 juta Muslim Uighur yang ditahan dalam kamp pendidikan ulang. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization