Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Tiba di Ankara, Investigator PBB Akan Selidiki Detail Pembunuhan Jamal Khashoggi

Tiba di Ankara, Investigator PBB Akan Selidiki Detail Pembunuhan Jamal Khashoggi

Pelapor Khusus PBB untuk Eksekusi di Luar Hukum Agnes Callamard (kiri) saat bertemu dengan Menlu Turki. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Ankara. Menteri Kehakiman Turki Abdulhamit Gul menerima kedatangan tim investigator PBB, Senin (28/01/2019). Rencananya, tim ini nantinya akan menyelidiki secara independen terkait pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Dilansir dari Aljazeera, Selasa (29/01/2019), tim tersebut dipimpin oleh Pelapor Khusus Eksekusi di Luar Hukum PBB, Agnes Callamard, beserta sejumlah anggota yang mendampinginya.

Disebutkan, pertemuan Callamard dengan Gul membicarakan seputar pembunuhan Khashoggi. Diketahui pria 59 tahun itu dibunuh di konsulat negaranya di Istanbul pada 2 Oktober silam.

Dalam perkembangannya, terungkap bahwa Khashoggi dibunuh oleh orang-orang yang sengaja datang dari Saudi ke Istanbul. Namun, banyak pihak yang masih meragukan investigasi yang dilakukan Saudi, menyusul kurangnya transparansi dalam proses penyelidikan.

Selain itu, sejak awal Turki telah seringkali menyeru agar pembunuhan ini diselidiki secara internasional. Dugaan keterlibatan orang di struktur tertinggi pemerintahan Saudi juga turut mendorong banyak pihak untuk menyetujui usulan Turki.

Sebelum bertemu Gul, Callamard dan timnya juga sempat membahas kasus ini bersama Menlu Turki Mevlut Covusoglu.

Lebih lanjut, dalam kunjungannya kali ini Callamard juga dijadwalkan untuk mengunjungi Konsulat Arab Saudi di Istanbul. Ia mengaku telah mengirimkan permintaan resmi untuk memasuki gedung Konsulat, tempat Khashoggi dieksekusi. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization