Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / ICMI Rusia Gelar Workshop Penulisan Bersama Asma Nadia

ICMI Rusia Gelar Workshop Penulisan Bersama Asma Nadia

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Moscow. Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wilayah Rusia bekerjasama dengan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Rusia (Permira) Kota Moscow mengadakan pelatihan menulis bersama penulis buku best seller Asma Nadia Rabu (23/01/2019).

Ketua ICMI Wilayah Rusia periode 2018-2013, Fauzi Bustami mengajak kader ICMI dan mahasiswa Indonesia di Rusia, khususnya di Moskow untuk memanfaatkan momentum ini untuk belajar dari penulis produktif seperti Asma Nadia.

“Alhamdulillah, pengurus ICMI Wilayah Rusia baru saja terbentuk dan disahkan oleh ICMI Pusat bulan lalu. Ini merupakan kegiatan perdana kami bekerjasama dengan bidang departemen kajian strategis Permira Moskow. Saya berharap kader ICMI dan Mahasiswa termotivasi untuk menulis dari Mbak Asma,” kata Fauzi.

Alumni Hukum UI ’82 ini mengajak kader ICMI dan Mahasiswa untuk menulis banyak hal positif dari negera Rusia, “Di sini banyak hal yang bisa jadi inspirasi menulis, Rusia maju dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologi, tempat pariwisata, kebudayaan dan kesenian, dan lain lainnya yang bisa diceritakan dan membuat orang kita mengenal negeri ini dan bahkan tertarik belajar di sini,” ujarnya.

Asma Nadia yang terkenal sebagai pencipta karakter wanita-wanita tangguh di penulisan bukunya memberikan berbagai tips kepenulisan kepada peserta workshop. Ia memulai dengan mengatakan bahwa menulis itu adalah keabadian mengutip penulis terkenal Pramoedya Ananta Toer,

“Maka biasakan menulis untuk jangka panjang dan niatkan dengan niat ibadah,” ujarnya.

Asma juga mengatakan bahwa banyak orang pintar namun kepintarannya tidak meluas ke banyak orang, “Orang pintar banyak, namun orang pintar harus bisa jadi bermanfaat buat orang lain sedikit, makanya menulislah,” katanya.

Asma berharap semakin banyak orang menulis, apalagi menulis hal-hal yang bijak agar negeri Indonesia tercinta muncul semakin banyak orang-orang yang bijak. “Penulis itu sebaiknya suka membaca buku. Dan semakin banyak buku dan tulisan yang dibuat, insya Allah saya yakin makin banyak orang bijak yang menginspirasi di indonesia ini,” pungkas Asma.

Sebanyak kurang lebih 100 peserta baik yang hadir secara langsung maupun yang mengikuti dari live instagram @permiramoskow. Dalam kesempatan workshop penulisan ini banyak sekali pertanyaan yang diajukan terlihat antusiasme dari peserta dengan banyak hadir tepat waktu. Terlebih dalam kesempatan tersebut menikmati hidangan khas Indonesia lontong sayur dan gorengan plus sambal. (sb/dakwatuna.com)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Lima Destinasi Wisata Terbaik di Xi’an, Populasi Muslim Terbesar di China

Figure
Organization