Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Kerja Sama dengan Qatar, Erdogan Resmikan Pembangunan Pabrik Industri Pertahanan

Kerja Sama dengan Qatar, Erdogan Resmikan Pembangunan Pabrik Industri Pertahanan

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan bersama dengan Emir Negara Qatar, Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani. (@trpresidency)
dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meletakkan batu pertama proyek pembangunan pabrik industri pertahanan Turki. Diketahui, proyek pembangunan tersebut terwujud atas kerja sama negara itu dengan Qatar.

Dalam kata sambutannya, Erdogan menyebut pabrik ini nantinya akan memproduksi tank, kendaraan lapis baja, kendaraan militer, truk, serta laboratorium untuk pembuatan mesin dan kereta cepat. Erdogan juga mengapresiasi hubungan erat negaranya dengan Qatar dalam kesempatan itu.

Erdogan menambahkan, nilai investasi dalam proyek ini mencapai $500 juta. Jumlah tersebut termasuk kecil mengingat hasil tiap tahun dari proyek ini nantinya mencapai satu miliar dolar.

Dijelaskan, pabrik ini akkan sepenuhnya beroperasi dan menyediakan kebutuhan dalam negeri Turki pada tahun 2023 mendatang.

Tak lupa, Erdogan juga mengucapkan terima kasihnya kepada Emir Negara Qatar Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani yang menjadi investor utama dalam proyek tersebut.

“Secara pribadi dan atas nama rakyat Turki, saya mengucapkan terima kasih kepada sahabat Emir Tamim bin Hamad Al Tsani atas kontribusinya dalam proyek ini sebagai investor global,” kata Erdogan dikutip dari Aljazeera, Senin (14/01/2019).

“Proyek ini terwujud atas kerja sama Turki dan Qatar, yang mencerminkan prinsip saling menguntungkan antara dua negara. Kami tidak akan pernah lupa sikap sauadra-saudara kami di Qatar terhadap Turki dalam fase yang cukup lama, sejak upaya kudeta gagal hingga serangan terhadap ekonomi kami,” imbuhnya.

Erdogan juga menegaskan soal kerja sama negaranya dengan Turki yang berjalan dengan baik di seluruh bidang. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Figure
Organization