Home / Berita / Internasional / Asia / Cina Mulai Inspeksi Slogan Berbahasa Arab di Ruang Publik

Cina Mulai Inspeksi Slogan Berbahasa Arab di Ruang Publik

Inspeksi restoran Islami yang terdapat tulisan Arab di tokonya. (Global Times)
dakwatuna.com – Beijing. Sejumlah komunitas di Provinsi Hebei dan Provinsi Hainan di Cina mulai melakukan inspeksi terhadap slogan-slogan berbahasa Arab di ruang-ruang publik. Langkah tersebut, menurut mereka, sebagai tindakan untuk meminimalisir tendensi pan-Arab di negara itu.

Inspeksi terbaru dilakukan di Kota Huangliangmeng dan Handan di Hebei dan di kota Sanya di Hainan. Selain di ruang publik, inspeksi juga dilakukan di rumah-rumah makan Muslim.

Inspeksi itu menargetkan slogan-slogan Arab dan elemen-elemen keagamaan lainnya dalam menu makanan, papan iklan, serta tempat-tempat umum lainnya, termasuk supermarket dan taman kanak-kanak.

Dilansir dari Global Times, Rabu (09/01/2018), inspeksi tersebut diketahui melalui rilis kota Huangliangmeng di WeChat yang kemudian dihapus. Dalam rilis itu diketahui inspeksi telah dimulai sejak 30 Desember 2018 di seluruh desa di kota itu.

Mereka hanya menemukan restoran mie daging sapi Lanzhou. Dalam restoran makanan Islami yang terkenal ini, menggunakan bahasa Arab dan unsur-unsur keagamaan dalam menu dan papan iklannya.

Setelah diperiksa, restoran tersebut pun kini telah menghilangkan seluruh unsur-unsur keagamaannya. Namun, pihak pemerintah setempat hingga kini belum mau memberikan keterangan terkait informasi tersebut. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Arab Saudi Bantah Berencana Buka Kembali Kedubes di Damaskus

Organization