Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Militer Turki Beraktivitas di Suriah, Begini Respons Rusia

Militer Turki Beraktivitas di Suriah, Begini Respons Rusia

Operasi Militer Turki memberantas teroris di Suriah. (Aljazeera.net)
dakwatuna.com – Moskow. Pemerintah Rusia menanggapi perihal aktivitas Turki di Suriah. Diketahui, Rusia adalah salah satu sekutu utama rezim Suriah yang dipimpin oleh Bashar al-Assad.

Dilansir dari RT Arabic, Selasa (25/12/2018), Rusia mengaku tidak meragukan komitmen Turki untuk menjaga kesatuan wilayah Suriah. Moskow bahkan menganggap aktivitas Turki di Suriah bersifat sementara dan akibat dari ancaman keamanan dan teroris.

Perwakilan Tetap Rusia di PBB Gennady Gatilov menyebutkan, Turki punya alasan kuat untuk menanggapi ancaman kemaanan dan terorisme yang didapatkannya. Hal itu karena Turki memiliki perbatasan darat langsung dengan Suriah.

“Kami menganggap bahwa masalah Kurdi adalah persoalan paling sensitif dalam mosaik politik Suriah. Aktivitas Turki di utara Suriah bersifat sementara yang didorong oleh ketakutan yang berkaitan dengan ancaman pada keamanan nasional dan bahaya terorisme,” kata Gatilov.

“Kita tahu bahwa Ankara menegaskan komitmennya pada kesatuan wilayah dan kedaulatan Suriah. Dan tidak ada yang membuat kami ragu akan komitmen dan sikap itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, Turki mengumumkan niat untuk meluncurkan operasi militer ketiganya di timur sungai Eufrat pada Januari mendatang. Operasi tersebut dalam rangka memerangi milisi Kurdi yang disebut Turki sebagai kelompok teroris. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization