Home / Berita / Internasional / Asia / Trump: Seluruh Suriah Kini Bagian Erdogan

Trump: Seluruh Suriah Kini Bagian Erdogan

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, bersama Presiden AS, Donald Trump. (aa.com.tr/ar)
dakwatuna.com – Washington. Saluran berita CNN mengungkap isi pembicaraan telepon antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dikatakan, Trump menyebut seluruh Suriah kini bagian Erdogan.

Dalam kesempatan tersebut, Trump menyampaikan pada Erdogan perihal keberhasilan pasukannya mengemban tugas di Suriah. Oleh karenanya, Trump kemudian menarik pasukan dari Suriah.

Menurut seorang pejabat AS yang mengungkap isi pembicaraan itu, Erdogan menyampaikan seluruh permasalahan yang muncul akibat keberadaan pasukan AS di Irak dan Suriah. Sontak hal itu membuat Trump marah.

Trump kemudian menegaskan pasukannya akan meninggalkan wilayah Suriah. Ia juga menyebut Turki akan bertanggung jawab dalam menumpas sisa-sisa ISIS di sana.

Hal tersebut juga disampaikan Trump dalam unggahannya di Twitter. Ia menyebutkan, “Saya sampaikan pada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bahwa ia akan bertanggung jawab menumpas sisa-sisa ISIS di Suriah.”

“Ia adalah sosok yang mampu melakukan tugas itu, terlebih Turki adalah tetangga Suriah,” imbuh Trump seraya menyebut pasukan Amerika akan kembali pulang.

Diketahui, Trump sebelumnya mengaku berbicara panjang lebar soal ISIS dan penarikan pasukan AS dengan Erdogan via telepon. Selain itu, keduanya juga berbicara soal peningkatan kerja sama ekonomi skala besar antara Turki dan AS.

Pekan lalu, Trump juga mengumumkan penarikan pasukan AS dari Suriah. Keputusan itu diambilnya setelah mengklaim berhasil menumpas ISIS di sana. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Organization