Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Rusia Siap Jadi Tuan Rumah Perundingan Hamas dan Fatah

Rusia Siap Jadi Tuan Rumah Perundingan Hamas dan Fatah

Ilustrasi. (eramuslim.com)
dakwatuna.com – Moskow. Pemerintah Rusia mengumumkan kesiapannya menjadi tuan rumah untuk perundingan damai antara Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) dan Gerakan Pembebasan Palestina (Fatah).

Dilansir dari Aljazeera, Sabtu (22/12/2018), hal tersebut diumumkan oleh Wakil Menlu Rusia, yang juga menjabat sebagai Utusan Rusia untuk Timur Tengah dan Afrika, Mikhail Bogdanov.

Bogdanov menyebutkan, pihaknya telah mengirim undangan untuk Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyah. Pertemuan dijadwalkan pada awal tahun 2019 mendatang.

Lebih lanjut Bogdanov juga menyatakan telah mencapai kesepakatan terkait delegasi yang akan dipimpin Haniyah. Menurutnya, Rusia bersungguh-sungguh akan menjalankan peran untuk rekonsiliasi Palestina antara Hamas dan Fatah.

Sementara, Menlu Palestina Riyadh al-Malki menyambut baik inisiatif dari Rusia tersebut.

“Tidak ada salahnya dalam pandangan kami upaya pemerintahan Rusia untuk berkontribusi sebanyak mungkin dalam mewujudkan rekonsiliasi Palestina. Setiap upaya yang membantu upaya yang dilakukan Mesir akan selalu kami sambut,” ujar al-Malki kepada Russia Today.

Pekan lalu, Haniyah menyatakan siap untuk bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di mana saja tempatnya. Hal itu untuk membahas kerja-kerja nasional Palestina di masa mendatang.

Sekitar dua bulan lalu, delegasi dari Mesir diketahui melakukan safari ke Jalur Gaza, Tepi Barat dan Israel. Mereka bertujuan untuk merampungkan proses rekonsiliasi dan pembicaraan terkait masa depan Palestina. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Figure
Organization