Home / Berita / Internasional / Asia / Diplomat Cina: Persahabatan Cina-Turki Telah Terjalin Sejak 1000 Tahun Lalu

Diplomat Cina: Persahabatan Cina-Turki Telah Terjalin Sejak 1000 Tahun Lalu

Salah satu adegan dalam festival yang diselenggarakan di Ankara. (Anadolu Arabic)
dakwatuna.com – Ankara. Duta Besar Cina untuk Turki Yu Hongyang memuji kemajuan hubungan bilateral antara negaranya dan Turki. Ia menyebutkan, hubungan bilateral itu mengalami kemajuan di semua bidang kerja sama.

Dilansir dari Anadolu Arabic, Sabtu (22/12/2018), ia juga menyebut persahabatan dua negara telah terjalin lebih dari 1000 tahun yang lalu.

Saat menghadiri sebuah festival kebudayaan di Ankara, Hongyang juga menyebut perkembangan positif dari pertukaran budaya antara Turki dan Cina.

Pernyataan itu merujuk pada salah satu penyelenggaraan festival pariwisata Turki yang digelar di Beijing awal tahun ini. Menurutnya, Turki saat ini masuk 10 besar negara-negara yang dikunjungi oleh wisatawan Cina.

Ia juga menyinggung soal Jalur Sutra Baru yang diinisiasi dan dihidupkan kembali oleh pemerintah negaranya.

“Jalur Sutra Baru yang bertujuan menghubungkan antara Cina, Asia, Eropa dan sekitarnya, turut memainkan peran penting dalam mengeratkan hubungan bilateral (Cina-Turki),” kata Hongyang.

Diketahui, Cina juga berencana membangun lintasan kereta api sepanjang 6.000 km yang akan menghubungkan Provinsi Xinjiang dengan Istanbul di Turki.

Proyek itu bertujuan utama untuk lalu lintas produk, selain juga lalu lintas manusia. Dijadwalkan, proyek tersebut akan rampung dan beroperasi pada tahun 2020 mendatang. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Teroris Selandia Baru dan ISIS Berasal dari Tempat yang Sama

Organization