Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan Hadiri Peringatan 745 Tahun Kematian Jalaluddin Rumi

Erdogan Hadiri Peringatan 745 Tahun Kematian Jalaluddin Rumi

Erdogan saat berbicara di upacara peringatan kematian Jalaluddin Rumi. (Anadolu)
dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri upacara peringatan meninggalnya Maulana Jalaluddin Rumi yang telah berpulang sekitar 745 tahun yang lalu, Senin (17/12/2018).

Saat menyampaikan sambutan dalam acara tersebut yang digelar di Sheb-i Arus, Erdogan menyebut soal perang saudara di Suriah yang masih berkecamuk hingga kini.

Dalam kesempatan tersebut, Erdogan kembali menegaskan sikapnya terhadap konflik di Suriah. Menurutnya, Presiden Suriah Bashar Al-Assad kini tengah berusaha melindungi dirinya setelah membantai hampir satu juta rakyatnya sendiri.

Erdogan juga menyindir masih banyaknya pihak-pihak yang mendukung dan melindungi posisi Assad.

Diketahui, Maulana Jalaluddin Rumi lahir di satu keluarga Turki pada tahun 1207, di sebuah tempat yang saat ini menjadi wilayah Afghanistan. Ia kemudian dikenal sebagai seorang filsuf yang melampaui batas-batas ras, warna kulit hingga agama.

Di Turki sendiri, Rumi dikenang oleh para pengikutnya sebagai seorang Mevlana (Maulana), yang kurang lebih bermakna seorang ulama besar.

Setelah kematiannya pada tahun 1273, pengikut Rumi mendirikan Ordo Mevlevi, juga dikenal sebagai Ordo Darwis Berputar, yang terkenal karena tarian Sufi berputar.

Setiap tahunnya, upacara peringatan untuk Rumi digelar di Konya, Turki pada 7-17 Desember. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization