Home / Berita / Internasional / Asia / Qatar Umumkan Keluar dari OPEC

Qatar Umumkan Keluar dari OPEC

Seorang warga berdiri di seberang gedung-gedung tinggi di Qatar. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Doha. Pemerintah Qatar secara resmi mengumumkan keluar dari Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC), Senin (03/12/2018). Disebutkan, keputusan ini akan mulai berlaku pada Januari 2019 mendatang.

Menteri Energi Qatar Saad al-Kaabi menjelaskan, keputusan ini diambil dalam konteks perencanaan strategi jangka panjang dan mencari cara untuk meningkatkan peran global negaranya.

Al-Kaabi menambahkan, negaranya saat ini tengah fokus untuk meningkatkan produksi gas alam (LNG). Diketahui, Doha saat ini tengah berupaya meningkatkan produksi LNG dari 77 juta ton menjadi 110 juta ton per tahun.

Menurut Al-Kaaabi, negaranya telah menyampaikan niatan untuk keluar ini kepada OPEC. Ia menyebutkan, keputusan itu sebenarnya sulit mengingat Qatar telah menjadi anggota OPEC selama 57 tahun. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Mantan Menhan Israel Sebut Bantuan Qatar ke Gaza Sebab Pengunduran Dirinya

Organization