Kesembilan Kalinya, Forjim Adakan Roadshow One Masjid One Jurnalist

Forjim Roadshow Kali Kesembilan OMOJ

dakwatuna.com – Sukoharjo. Forum Jurnalis Muslim (Forjim) kembali mengadakan roadshow pelatihan One Masjid One Journalist (OMOJ) angkatan ke-9 dan 10. Pelatihan digelar di Klaten dan Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Sabtu dan Ahad (24-25/11/2018). Acara ini diadakan di dua tempat yaitu Masjid Al Muqarrabin di Cawas, Klaten, dan Islamic Center Bani Umar di Gayam, Sukoharjo.

Sekretaris Umum Forjim, Ibnu Syafaat, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan One Masjid One Journalist (OMOJ) ini bertujuan untuk membekali para pemuda masjid tentang ilmu jurnalistik. Menurut Ibnu, tujuannya adalah agar para pemuda masjid mampu memanfaatkan teknologi dan mengemas informasi yang bermanfaat untuk kepentingan dakwah Islam.

“Tentunya acara ini outputnya bukan menjadikan peserta sebagai jurnalis profesi, tapi (tujuannya -red) mengarahkan para peserta yang aktivis masjid ini mampu membentengi diri dari serbuan informasi hoax. Selain itu menjadi pengabar berita dari masjid-masjid,” ungkap Ibnu pada acara hari kedua di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan bagaimana pentingnya memanfaatkan media sebagai alat untuk berdakwah. Selain itu peserta juga diajarkan teknik menulis berita dan wawancara serta bagaimana teknik membuat video jurnalistik dakwah melalui smartphone.

Acara pelatihan OMOJ ini diikuti oleh peserta yang berasal dari Klaten, Solo, dan sekitarnya. Setelah pelatihan ini peserta mendapat kursus jurnalistik jarak jauh dari Forjim melalui media grup WhatsApp.

Peserta Roadhow Forjim. (dok. pribadi)

“Alhamdulilah saat ini alumni OMOJ sudah berjumlah ratusan orang. Kita terus bersilaturahmi serta berdiskusi terkait jurnalistik melalui dunia maya,” jelas Ibnu.

Pelatihan OMOJ merupakan program unggulan Forjim. Sebelumnya pelatih ini berlangsung di Lombok, Jakarta, Depok, Bandung, Tasikmalaya, dan Bogor. (sb/dakwatuna.com)

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...