Emoh Dibantu Cina, Malaysia Sebut Peroleh Bantuan Ekonomi dari Jepang

PM Malaysia, Dr. Mahathir Mohamad (malaysiakini.com)
dakwatuna.com – Tokyo. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad mengklaim negaranya mendapat bantuan ekonomi dari Jepang. Hal itu ia sampaikan saat jumpa pers bersama dengan PM Jepang Shinzo Abe di ibu kota Tokyo.

“Perdana Menteri Shinzo Abe dan pemerintahannya siap membantu, di saat kami butuh bantuan mereka untuk menyelesaikan masalah ekonomi di masa mendatang,” kata pria yang akrab disapa Tun Mahathir tersebut, seperti dikutip dari Anadolu Arabic, Rabu (07/11).

Ia menambahkan, pinjaman yang diberikan Jepang nantinya akan digunakan untuk melunasi utang negara Malaysia semasa pemerintahan mantan PM Najib Razak.
Sementara PM Shinzo Abe pada gilirannya menyebut Jepang mencairkan dana sebesar 1,75 miliar dolar untuk Malaysia. Pinjaman tersebut akan dibayar dalam waktu 10 tahun.

“Saya menghormati Mahathir yang kembali lagi memikul tanggung jawab pemerintahan di negaranya. Kami sama-sama berharap dapat menguatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Sebelumnya, Mahathir telah membatalkan megaproyek pembangunan infrastruktur di negaranya senilai 40 miliar dolar yang sejatinya akan dikerjakan oleh perusahaan Cina. Kuala Lumpur juga disebut-sebut khawatir dengan pergerakan agresif Cina di Laut Cina Selatan. (whc/dakwatuna)

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...