Home / Berita / Internasional / Asia / Emoh Dibantu Cina, Malaysia Sebut Peroleh Bantuan Ekonomi dari Jepang

Emoh Dibantu Cina, Malaysia Sebut Peroleh Bantuan Ekonomi dari Jepang

PM Malaysia, Dr. Mahathir Mohamad (malaysiakini.com)
dakwatuna.com – Tokyo. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad mengklaim negaranya mendapat bantuan ekonomi dari Jepang. Hal itu ia sampaikan saat jumpa pers bersama dengan PM Jepang Shinzo Abe di ibu kota Tokyo.

“Perdana Menteri Shinzo Abe dan pemerintahannya siap membantu, di saat kami butuh bantuan mereka untuk menyelesaikan masalah ekonomi di masa mendatang,” kata pria yang akrab disapa Tun Mahathir tersebut, seperti dikutip dari Anadolu Arabic, Rabu (07/11).

Ia menambahkan, pinjaman yang diberikan Jepang nantinya akan digunakan untuk melunasi utang negara Malaysia semasa pemerintahan mantan PM Najib Razak.
Sementara PM Shinzo Abe pada gilirannya menyebut Jepang mencairkan dana sebesar 1,75 miliar dolar untuk Malaysia. Pinjaman tersebut akan dibayar dalam waktu 10 tahun.

“Saya menghormati Mahathir yang kembali lagi memikul tanggung jawab pemerintahan di negaranya. Kami sama-sama berharap dapat menguatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Sebelumnya, Mahathir telah membatalkan megaproyek pembangunan infrastruktur di negaranya senilai 40 miliar dolar yang sejatinya akan dikerjakan oleh perusahaan Cina. Kuala Lumpur juga disebut-sebut khawatir dengan pergerakan agresif Cina di Laut Cina Selatan. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1,00 out of 5)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Meski Kalah, Ternyata 64 Persen Warga Israel Ingin Operasi Militer di Gaza Lanjut