Topic
Home / Berita / Silaturahim / Launching Asrama Tahfizh ISQ, Gerbang Menuju Generasi Qurani

Launching Asrama Tahfizh ISQ, Gerbang Menuju Generasi Qurani

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Setelah pengguntingan pita oleh Camat Kisaran Barat saat Launching Istana Sufara Al-Qur’an (ISQ) pada hari Ahad (28/10/2018), di Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumut. (Juli Trisna Aisyah Sinaga)

dakwatuna.com – Sufara Qur’an menggelar launching asrama tahfizh yang bernama Istana Sufara Al-Qur’an (ISQ) pada hari Ahad (28/10/2018), di Jl. Lumba-Lumba Lk.1, Bunut Barat, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Acara ini dihadiri oleh Muhammad Anwar selaku Direktur Sufara Al-Qur’an, Vickry Rinaldi Herdianto selaku Direktur Yayasan Harapan Amal Mulia, dan Muttaqin selaku penceramah di Kabupaten Asahan. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Agus Jaka Putra Ginting selaku Camat Kisaran Barat dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Di era millennial saat ini, generasi muda sering kali terbuai dengan teknologi dan sosial media serta larut dalam perkembangan zaman sehingga menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Tak sedikit dari mereka mulai jauh pedoman Islam yakni Al-Quran dan As-Sunnah.

Muhammad Anwar mengatakan bahwa asrama tahfizh ini merupakan salah satu upaya untuk memecahkan masalah generasi muda yang ada saat ini dengan mengembalikan segala urusan kepada Al-Quran dan As-Sunnah. Program asrama tahfizh ini juga diharapkan menjadi langkah dalam mempersiapkan generasi muslim yang dekat dengan Al-Quran.

Sementara itu, Vickry Rinaldi Herdianto mengatakan bahwa Yayasan Harapan Amal Mulia yang men-support program ini merupakan yayasan peduli Quran dan peduli yatim. Oleh sebab itu, asrama tahfizh ISQ ini pun menjadi sebuah program yang dicita-citakan sebagai bagian dari upaya menumbuhkan semangat dan kepedulian terhadap al-Quran di daerah Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Asahan.

Asrama tahfizh ini juga disiapkan dengan sarana yang lengkap di antaranya adalah asrama untuk pengasuh dan santri, ruang belajar (muraja’ah), ruang dapur, ruang makan, kamar mandi, mushalla serta perlengkapannya.

Dalam rangkaian acara launching ini juga terdapat santunan anak yatim, yang merupakan bagian dari kepedulian terhadap anak-anak yatim. Muttaqin dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa dengan adanya rumah tahfizh ini juga merupakan upaya dalam membangkitkan spirit perjuangan peradaban. Oleh sebab itu setiap orang tua diharapkan untuk secara aktif mendukung anak-anaknya dalam mengikuti program tahfizh Al-Quran.

Acara peresmian ini berlangsung dengan penuh hikmat dan mendapatkan sambutan hangat dari tokoh masyarakat dan seluruh undangan. Pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya asrama tahfizh akhwat ISQ dilakukan oleh Camat Kisaran Barat. Peresmian ini juga sekaligus sebagai tanda telah diresmikan pula asrama tahfizh ikhwan ISQ yang berlokasi di tempat yang terpisah yakni di Jl. Panglima Polem, kota Kisaran, Kabupaten Asahan. Program di asrama tahfizh ikhwan ini akan mulai berjalan pada awal November 2018.

Dalam acara launching ini juga terdapat kegiatan bakti sosial meliputi pengecekan tensi serta pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat. Ratusan warga turut ambil andil dalam proses pemeriksaan. Antrean panjang mewarnai lokasi peresmian dalam situasi yang kondusif. Selain itu, terdapat bazar di beberapa titik lokasi peresmian meliputi penjualan pakaian bertema Palestina yakni baju, jilbab, gamis, syal dan pernak pernik seperti masker serta gantungan kunci. Selain itu juga terdapat bazar pakaian layak pakai dan juga stand untuk pendonasian Al-Quran.

Semoga dengan diresmikannya asrama tahfizh ikhwan dan akhwat di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara ini dapat menjadi peluang dalam mencetak generasi qurani dan menjadi semangat kebangkitan peradaban. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Juli Trisna Aisyah Sinaga
Mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di Institut Teknologi Telkom, Bandung. Berada di lingkungan pendidikan yang cukup kondusif dan penuh seni. Seseorang yang sedang aktif di KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) dan sedang berjuang untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta menebarkan manfaat sebesar-besarnya bagi orang lain.

Lihat Juga

Kendaraan Sebuah Gagasan

Figure
Organization