Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Turki Minta Saudi Serahkan 18 Terduga Pembunuh Jamal Khashoggi

Turki Minta Saudi Serahkan 18 Terduga Pembunuh Jamal Khashoggi

Jurnalis asal Saudi, Jamal Khashoggi. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Ankara. Pengadilan Turki secara resmi meminta kepada Arab Saudi untuk menyerahkan 18 orang terduga pembunuh jurnalis Jamal Khashoggi untuk diadili di Turki.

Pada Jumat (26/10) kemarin, Kementerian Kehakiman Turki melalui Kemenlu mengajukan permohonan resmi kepada Arab Saudi. Dalam permohonan itu, Turki meminta kepada Riyadh agar 18 orang yang kini ditahan diserahkan kepada Ankara.

Menteri Kehakiman Turki menyebutkan, pihaknya kini menunggu jawaban dari Saudi terkait permohonan itu. Pihaknya meminta agar terduga pelaku diadili di Turki mengingat pembunuhan Khashoggi terjadi di wilayah hukum Turki.

Seperti diketahui, pekan lalu Saudi mengakui secara resmi bahwa jurnalis 59 tahun itu terbunuh di dalam konsulatnya di Istanbul 2 Oktober lalu. Bersamaan dengan itu, Jaksa Penuntut Umum Saudi juga menyebut telah menangkap dan menahan 18 orang yang diduga terlibat dalam pembunuhan Khashoggi.

Pada Selasa (23/10) lalu, Presiden Turki mengungkap fakta-fakta di balik pembunuhan Khashoggi. Menurutnya, pembunuhan brutal itu telah direncanakan sebelumnya di Saudi.

Jamal Khashoggi terakhir kali diketahui memasuki gedung Konsulat Saudi di Istanbul 2 Oktober siang. Namun sejak saat itu, ia tidak lagi diketahui keberadaannya. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Organization