Home / Berita / Internasional / Asia / Orang Dekat Muhammad bin Salman Ada di Konsulat Saudi di Istanbul saat Khashoggi Menghilang

Orang Dekat Muhammad bin Salman Ada di Konsulat Saudi di Istanbul saat Khashoggi Menghilang

Maher Abdulaziz Mutreb tampak berjalan memasuki Konsulat Saudi di Istanbul sebelum kedatangan Khashoggi. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Ankara. Seorang anggota pengawal Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman (MBS) tampak memasuki Konsulat Saudi di Istanbul. Menurut rekaman foto di CCTV, hal itu terjadi tepat sebelum jurnalis Jamal Khashoggi menghilang di tempat yang sama 02 Oktober lalu.

Pria itu diketahui bernama Maher Abdulaziz Mutreb. Ia tampak berada di belakang MBS saat berkunjung ke Spanyol, Prancis, dan Amerika Serikat beberapa bulan lalu.

Pejabat Turki mengatakan, Mutreb terbang ke Istanbul bersama seorang “ahli forensik” dengan menggunakan jet pribadi pada tanggal 02 Oktober. Pada malam di hari yang sama, ia meninggalkan Istanbul dan bertolak ke Saudi.

Hari itu merupakan hari yang sama dengan masuknya Jamal Khashoggi – kontributor untuk Washington Post yang dikenal suka mengkritisi MBS – ke gedung Konsulat Saudi dan tidak pernah muncul lagi hingga sekarang.

Laporan-laporan media Turki menyebutkan, Khashoggi dibunuh oleh sebuah tim yang berisi 15 orang. Mereka terbang ke Istanbul dengan dua pesawat pribadi untuk menginterogasi, menyiksa dan membunuh Khashoggi.

Sementara itu, harian Sabah Turki melaporkan, Mutreb adalah koordinator tim pembunuh tersebut. Dalam foto yang dipublikasikan, tampak ia berjalan melewati barikade polisi di Konsulat pada pukul 09.55 dengan beberapa pria mengikuti di belakangnya.

Khashoggi tiba di Konsulat beberapa jam kemudian, tepatnya pada pukul 13.14. Ia lalu menghilang, sementara tunangannya menunggu di luar gedung.

Foto lain menunjukkan Mutreb pada pukul 16:53 berada di rumah konsul. Kemudian pada pukul 17:15 ia keluar dari sebuah hotel di dekat Konsulat. Lalu mengikuti pemeriksaan keamanan bandara pada pukul 17:58, sebelum kemudian terbang keluar dari Istanbul.

Associated Press mengatakan Arab Saudi tidak menanggapi permintaan untuk komentar dalam beberapa hari terakhir, termasuk pada hari Kamis tentang identifikasi Mutreb.

Sementara Mutreb tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentar, kata kantor berita itu. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Jangan Tutup-tutupi Fakta Pembunuhan Khashoggi