Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan Lagi-lagi Menantang ‘Kekuatan Dunia’

Erdogan Lagi-lagi Menantang ‘Kekuatan Dunia’

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Anadolu)
dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan lagi-lagi mendesak reformasi di tubuh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Menurutnya, DK PBB harus diisi oleh perwakilan negara-negara di seluruh benua yang ada.

“Kita ingin menghadirkan DK PBB dengan partisipasi dari tujuh benua,” kata Erdogan dalam sesi penutup Forum TRT World, seperti dikuti dari kantor berita Anadolu.

Presiden Turki itu telah lama mendesak reformasi dalam struktur Dewan Keamanan. ia menggunakan moto: “Dunia lebih besar dari lima (negara)”, mengacu pada lima negara anggota tetap DK PBB yang juga pemegang Hak Veto.

“Masa lima negara anggota tetap (di DK PBB) telah berakhir,” katanya. Menurutnya, tatanan tersebut berasal dari “keadaan Perang Dunia II”.

Namun ia mengatakan, “Kita tidak hidup dalam situasi yang sama. Sudah waktunya untuk membuat transisi baru dan perubahan baru (di tubuh PBB).”

“PBB sangat memerlukan perubahan,” lanjutnya.

PBB, menurut Erdogan, belum menanggapi upaya untuk keadilan. Isu Palestina ia angkat sebagai contoh dari pernyataannya itu.

“Apakah masalah Palestina dapat dipecahkan?” tanyanya kepada hadirin.

“Mengapa tidak?” lanjutnya. “Karena banyak sekali keputusan yang diambil terhadap Israel di PBB, namun tak satupun dilaksanakan.”

Resolusi PBB yang menyatakan sikap keras terhadap tindakan Israel, seringkali menghadapi Veto di DK PBB. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Mantan Menhan Israel Sebut Bantuan Qatar ke Gaza Sebab Pengunduran Dirinya

Organization