Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Kanada Cabut Status Warga Kehormatan Aung San Suu Kyi

Kanada Cabut Status Warga Kehormatan Aung San Suu Kyi

Muslim Rohingya terus lari dari Rakhine akibat kekerasan. (Dhaka Tribune)
dakwatuna.com – Ottawa. Parlemen Kanada secara bulat memilih untuk mencabut status warga kehormatan yang disandang pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi. Langkah itu berkaitan dengan tragedi Rohingya yang belum mencapai titik penyelesaian.

Pemungutan suara dilakukan pada Kamis (27/09) kemarin. Sepekan sebelumnya, Parlemen Kanada juga menyetujui gerakan untuk mengakui kejahatan terhadap Muslim Rohingya sebagai genosida.

Suu Kyi menerima penghargaan dari Ottawa pada tahun 2007 silam. Kala itu, ia adalah advokat demokrasi lama dalam tahanan rumah. Namun saat ini, Suu Kyi banyak dikecam atas kebungkamannya terhadap aksi militer Myanmar yang membunuhi Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine.

Suu Kyi juga tampak enggan menyelesaikan tragedi yang mendorong lebih dari 700.000 Muslim Rohingya mengungsi di perbatasan Bangladesh. Bahkan, otoritas HAM PBB menyebut apa yang terjadi sebagai “contoh buku teks tentang pembersihan etnis”.

Keputusan Parlemen Kanada untuk mencabut kehormatan simbolis adalah karena “penolakannya untuk mengecam genosida Rohingya”, kata Adam Austen, juru bicara Menlu Kanada Chrystia Freeland.

“Kami akan terus mendukung Rohingya dengan memberikan bantuan kemanusiaan, memberlakukan sanksi pada jenderal Myanmar, dan menuntut mereka untuk bertanggung jawab di hadapan badan internasional yang kompeten,” imbuh Austen.

Anggota parlemen Gabriel Ste Marie, yang mengusulkan mosi itu, mengatakan kepada wartawan bahwa dia pikir suara itu “simbol besar”.

Anggota Parlemen Salma Zahid menyebut Aung San Suu Kyi “enggan untuk mengambil kepemimpinan moral … tidak bisa dimaafkan, dan sangat mengecewakan”.

Hanya ada lima orang yang telah diberikan warga kehormatan oleh Kanada, termasuk Dalai Lama, Malala Yousafzai, dan Nelson Mandela. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization