Emir Qatar Janjikan Pendidikan untuk Satu Juta Anak Perempuan

Emir Negara Qatar (tiga dari kanan) saat mengikuti konferensi meja bundar di New York. (Aljazeera)
dakwatuna.com – New York. Emir Qatar Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani berjanji akan memberi pendidikan berkualitas untuk satu juta anak perempuan pada tahun 2021.

Hal itu disampaikan dalam sebuah konferensi meja bundar di sela-sela kunjungan Emir Qatar ke New York, Amerika Serikat. Emir berusia 38 tahun itu direncanakan turut hadir dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-73, yang akan dimulai hari ini, Selasa (25/09).

Dikutip dari Aljazeera.net, konferensi tersebut mengambil tema: “Dialog Pemimpin; Bersama untuk Pendidikan bagi Anak Perempuan di Tengah Konflik dan Kondisi Rapuh”.

Dalam agenda tersebut, PM Kanada Justin Trudeau mengundang semua peserta untuk berpartisipasi dalam “Deklarasi Karlovo”. Deklarasi itu berisi penyediaan pendidikan berkualitas untuk anak perempuan dan wanita di negara berkembang.

Emir Qatar juga menyampaikan dukungan untuk deklarasi tersebut. Bahkan ia menyebut Qatar telah memberi ruang prioritas untuk pendidikan baik dalam maupun luar negeri sejak waktu yang lama. Menurutnya, hal itu tercermin dalam program bantuan pembangunan internasional Qatar.

Dalam hal perhatian Qatar pada pendidikan, Syaikh Tamim menyebut negaranya sebagai pelopor resolusi PBB tentang hak atas pendidikan dalam situasi darurat pada tahun 2010.

Banyak negara, imbuh Emir Qatar, telah mendukung inisiatif pendidikan baik global maupun regional. Ia juga menyampaikan rasa bangga atas program Teach a Child. Baru-baru ini, program tersebut telah berhasil membantu 10 juta anak-anak putus sekolah untuk mendapatkan pendidikan dasar yang berkualitas.

Konferensi meja bundar itu membahas sejumlah permasalahan. Para pemimpin yang hadir saling bertukar pikiran terkait cara terbaik menghadapi hambatan bagi anak perempuan kepada akses pendidikan berkualitas. (whc/dakwatuna)

Konten ini telah dimodifikasi pada 25/09/18 | 17:17 17:17

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...