Home / Berita / Internasional / Asia / Raja Salman dan Sekjen PBB Bahas Perdamaian Global

Raja Salman dan Sekjen PBB Bahas Perdamaian Global

Raja Salman menerima kunjungan Sekjen PBB di Jeddah. (Anadolu)
dakwatuna.com – Riyadh. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz bertemu dengan Sekjen PBB Antonio Guterres, Ahad (16/09).

Menurut laporan kantor berita Saudi (SPA), Raja Salman menerima Guterres di kantornya di kota Jeddah.

Keduanya disebut membahas “perkembangan di kancah internasional dan berbagai upaya untuk mencapai perdamaian dan stabilitas global”.

Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed dan Presiden Eritrea Isaias Afwerki juga tiba di Arab Saudi pada hari Sabtu untuk upacara penandatanganan perjanjian perdamaian bersejarah antara kedua negara.

SPA mengatakan, Raja Salman mengundang Guterres untuk menghadiri penandatanganan perjanjian antara kedua negara Afrika, tanpa menyebutkan tanggal upacara.

Eritrea memisahkan diri dari Ethiopia pada tahun 1993, dan dari tahun 1998 hingga 2000 kedua negara itu berperang dengan perang berdarah di mana diperkirakan 70.000 orang tewas di kedua belah pihak.

Kedua negara itu mengakhiri dua dekade ketegangan setelah Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed memperpanjang cabang zaitun kepada presiden Eritrea dalam pidato pengukuhannya pada April.

Kedua pemimpin itu pada bulan Juli, bersumpah untuk mengubah hubungan, dan Eritrea membuka kedutaannya di Addis Ababa pada pertengahan Juli.

Ethiopia membuka kembali kedutaannya pekan lalu di ibukota Eritrea, Asmara, setelah 20 tahun. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Netanyahu: Saya Ingin Ada Hubungan Baik antara Israel dan Indonesia