Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Turki Perkuat Pasukan di Perbatasan dengan Suriah

Turki Perkuat Pasukan di Perbatasan dengan Suriah

Konvoi militer Turki membawa persenjataan berat ke perbatasan dengan Suriah. (Al Jazeera)
dakwatuna.com – Damaskus. Turki terus mengirim pasukan dan persenjataan berat ke perbatasan barat daya dengan Suriah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi serangan besar oleh rezim Suriah ke wilayah yang dikuasai oposisi.

Konvoi militer Turki tiba di sebuah pos mereka di dekat kota Morek, provinsi Hama, utara Suriah, Kamis (13/08) pagi waktu setempat.

Al Jazeera juga mengamati kedatangan sebuah pesawat militer Turki yang menurunkan lusinan tentara di bandara sipil provinsi Hatay, sekitar 50 km dari perbatasan Turki-Suriah. Belum diketahui apakah pasukan tersebut akan melintasi perbatasan atau tidak.

Turki sudah menjadi tuan rumah tiga setengah juta pengungsi Suriah. Ankara khawatir akan gelombang besar lainnya jika pasukan Suriah – yang didukung oleh kekuatan udara Rusia dan milisi sekutu – menyerang basis pejuang oposisi terakhir yang tersisa di provinsi Idlib.

Menurut Metin Gurcan, seorang ahli keamanan Turki, penguatan perbatasan adalah tindakan defensif.

“Jika melihat jenis-jenis persenjataan, aku dapat katakan bahwa itu bertujuan untuk pertahanan. Jadi aku tak berpikir Turki punya niat menyerang atau intervensi militer dalam kondisi di Idlib,” katanya kepada Al Jazeera.

“Ini semacam pertahanan militer preventif dan defensif untuk mengelola aliran pengungsi yang diantisipasi karena ulah pasukan Suriah yang didukung Rusia dari selatan.”

Hampir 40.000 orang telah melarikan diri dari Idlib setelah serangan udara Suriah-Rusia meningkat selama dua pekan terakhir. PBB memperkirakan, dalam skenario terburuk, sekitar 900.000 warga sipil dapat melarikan diri dari Idlib jika serangan darat skala penuh dimulai. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization