Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan: Amerika Serikat Seperti ‘Serigala Liar’, Jangan Percaya Mereka

Erdogan: Amerika Serikat Seperti ‘Serigala Liar’, Jangan Percaya Mereka

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Ankara. Turki akan memprioritaskan transaksi non-dolar dalam perdagangan dan investasinya dengan negara lain. Demikian disampaikan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Ahad (02/09). Ia juga menyebut Amerika Serikat berperilaku seperti ‘serigala liar’.

Berbicara di Forum Bisnis di Kirgizstan menyebutkan, Turki – Rusia saat ini tengah membahas perdagangan bilateral dengan tidak menggunakan dolar.

“Kita perlu secara bertahap mengakhiri monopoli dolar untuk selamanya dengan menggunakan mata uang lokal dan nasional di antara kita,” imbuh Erdogan.

Baik Turki maupun Rusia sangat merasakan tindakan sanksi ekonomi yang dilakukan oleh Amerika Serikat.

Lira Turki mengalami kemerosotan sejak awal tahun, dan sangat parah pada bulan lalu. Nilai tukar lira kehilangan lebih dari 40 persen nilainya di hadapan dolar, akibat adanya kekhawatiran ekonomi makro dan konfrontasi diplomatik Ankara-Washington.

“Amerika berperilaku seperti serigala liar, jangan percaya mereka,” kata Erdogan. “Menggunakan dolar hanya akan merugikan kita. Kita tak akan menyerah, kita akan menang.”

Hubungan antara dua anggota NATO itu terjun bebas sejak bulan lalu. Saat itu, Presiden AS Donald Trump mengumumkan kenaikan tarif baru untuk baja dan alumunium Turki. Langkah itu sebagai respon karena Ankara tidak segera membebaskan pastor AS.

Eskalasi antara Washington dan Ankara sangat berisiko bagi kedua negara. Terutama ketika Erdogan menantang sekutu Baratnya yang kuat itu, kata para analis.

“Kesediaan ini (oleh Erdogan) mencerminkan tidak hanya keberanian nasionalis tetapi juga asumsi tentang cepatnya muncul dunia yang lebih multipolar,” Nick Danforth, seorang analis kebijakan senior untuk program keamanan nasional Pusat Kebijakan Bipartisan, menulis dalam The New York Times pekan lalu. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization