Home / Berita / Internasional / Eropa / Prancis Sarankan Eropa Lepas Diri dari Amerika Serikat

Prancis Sarankan Eropa Lepas Diri dari Amerika Serikat

Presiden Prancis, Emmanuel Macron. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Paris. Presiden Prancis Emmanuel Macron menyarankan agar Eropa menghentikan ketergantungan pada Amerika Serikat dalam bidang keamanan. Menurutnya, Eropa wajib menjamin keamanan dan kedaulatannya sendiri.

Hal itu disampaikan Macron Konferensi Duta Prancis, Senin (27/08). Acara itu dihadiri oleh 250 diplomat dan ahli hubungan internasional. Disebutkan Aljazeera, acara tersebut bertujuan untuk meninjau garis besar diplomasi Prancis tahun depan.

Macron menambahkan, kemitraan pertahanan harus diperluas sehingga mencakup seluruh wilayah Eropa dan Rusia.

“Kita harus melakukan terobosan dan menjalin persekutuan baru. Prancis ingin Eropa dapat melindungi diri sendiri di saat ekstremis menguat dan nasionalisme kembali mencuat,” imbuh Macron.

Seruan Macron hadir setelah Presiden AS Donald Trump merusak perkumpulan G-7 dan keluar dari kesepakatan nuklir Iran. AS juga menyulut perang ekonomi global baru-baru ini. Selain itu, Trump menuntut agar Eropa mengucurkan dana lebih untuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Doa Dr. Thariq Suwaidan agar Syaikh Salman Audah Segera Dibebaskan