Home / Berita / Internasional / Asia / Iran Klaim Diri Sebagai Penguasa Kawasan Teluk, Bukan AS

Iran Klaim Diri Sebagai Penguasa Kawasan Teluk, Bukan AS

Kapal perang Iran. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Teheran. Kepala Angkatan Laut Garda Revolusi Iran mengklaim negaranya sebagai penguasa penuh atas Kawasan Teluk. Menurutnya, Angkatan Laut Amerika Serikat tidak punya tempat sama sekali di kawasan tersebut.

Lebih lanjut, Jendral Ali Riza Tenksiri mengatakan, negaranya juga menguasai penuh Selat Hormuz di Teluk bagian selatan. Selat ini merupakan perairan strategis yang menjadi jalur pengiriman laut internasional.

Selat Hormuz juga sangat penting bagi lalu lintas pengiriman minyak. Sebanyak 20 hingga 30 tanker minyak melalui selat ini setiap harinya. Jumlah tersebut sama dengan 40 persen dari perdagangan minyak dunia.

Tenksiri menambahkan, Iran mampu menjamin keamanan di Teluk. Sehingga kawasan itu tidak memerlukan lagi orang asing seperti Amerika Serikat atau negara lain yang tidak diperlukan keberadaannya, ia melanjutkan.

Seluruh kapal baik tanker, militer maupun non-militer akan dikendalikan, imbuh Tenksiri. Bahkan ada pengawasan komprehensif, sehingga keberadaan Iran di Kawasan efektif dan tetap baik siang maupun malam.

Hal senada juga diungkapkan oleh Komandan Garda Revolusi Iran, Mohammad Ali Jafari. Menurutnya, musuh-musuh Iran tidak akan pernah menang dalam setiap konflik.

“Para musuh benar-benar menghindari konflik dengan Iran. Mereka tahu persis bahwa itu tidak akan bermanfaat bagi mereka,” kata Jafari, dikutip dari Aljazeera, Selasa (28/08). (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Doa Dr. Thariq Suwaidan agar Syaikh Salman Audah Segera Dibebaskan