Home / Berita / Internasional / Eropa / Jerman: Stabilitas Turki Sangat Penting Bagi Eropa

Jerman: Stabilitas Turki Sangat Penting Bagi Eropa

Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier. (Anadolu)
dakwatuna.com – Berlin. Menteri Ekonomi Jerman menyuarakan dukungan untuk Turki ditengah kekhawatiran pasar akibat sanksi dan kenaikan tarif oleh Presiden AS Donald Trump.

“Kita sama sekali tidak tertarik pada instabilitas sebuah negara seperti Turki dengan 80 juta penduduk, yang juga menampung sekitar empat juta pengungsi,” kata Menteri Ekonomi Jerman, Peter Altmaier, dikutip dari Anadolu, Senin (27/08).

Tensi politik antara Turki dan AS sempat membuat pasar khawatir awal bulan ini. Ketegangan dipicu sanksi Trump kepada Turki yang menolak membebaskan Pastor asal AS, Andrew Brunson.

Nilai tukar lira Turki sempat anjlok dalam beberapa hari. Namun saat ini mulai pulih seiring dengan dukungan dar Eropa dan investasi senilai 15 juta dolar dari Qatar.

Altmaier dalam kesempatan itu tidak menampik kemungkinan bantuan untuk Turki. Terlebih jika Ankara berniat meminta bantuan kepada negara-negara Eropa.

Namun ia menyebut situasi saat ini belum sampai kepada titik itu.

“Sampai saat ini aku tidak berpikir sedang berada dalam situasi yang mengharuskan kita mengambil keputusan konkret tentang bantuan keuangan maupun ekonomi,” katanya.

Altmaier, sekutu dekat Kanselir Jerman, mengakui adanya perbedaan pandangan politik antara Berlin dan Ankara di sejumlah isu. Namun begitu, ia berharap perbedaan bisa diselesaikan melalui dialog.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sendiri dijadwalkan berkunjung ke Berlin pada tanggal 28-29 September mendatang. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Ahmed Omar; Pemuda Palestina yang Dimakamkan di Hari Kelahirannya

Organization