Kanselir Jerman Buka Suara Terkait Polemik Ozil

Mesut Ozil (kiri) bersama Presiden Turki. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Berlin. Kanselir Jerman Angela Merkel buka suara terkait polemik yang dialami oleh mantan pesepak bola tim nasional Jerman keturuan Turki, Mesut Ozil. Menurutnya, alasan pengunduran diri Ozil perlu ditangani secara serius.

Berbicara dalam wawancara dengan stasiun ARD, Merkel mengatakan “tidak menyukai jenis pembicaraan yang terjadi”. Ini mengacu pada foto Ozil dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang disebut sebagai sebab mundurnya Ozil dari kancah sepak bola internasional.

Bulan Juli lalu, Ozil memutuskan mundur dari Timnas Jerman. Ia mengaku mendapat perlakuan rasis dan diskriminatif di Jerman sejak bertemu dan berfoto dengan Erdogan tiga bulan sebelumnya.

Ozil menuduh media dan politisi sayap kanan yang mempertanyakan kesetiaannya pada Jerman sebagai “kesempatan untuk menunjukkan kecenderungan rasis yang sebelumnya disembunyikan”.

“Aku seorang Jerman saat menang, tapi aku seorang imigran saat kalah,” tulis Ozil, dalam pernyataan mundurnya dari Timnas Jerman setelah gugur di Piala Dunia 2018 lalu.

Menanggapi hal itu, Merkel mengatakan, “Entah itu Ozil atau siapapun, jika ada seorang berlatar belakang imigran dan mengatakan ‘aku tidak diperlakukan dengan baik di publik ini’, maka kita perlu menganggap ini serius dan mendiskusikannya.”

Ozil, 29, menghabiskan sembilan tahun di Timnas Jerman dengab 92 pertandingan dan turut membawa tim memenangi Piala Dunia 2014 lalu. Ia menjadi bukan-bulanan kritik karena gagal membawa Jerman lebih jauh dalam Piala Dunia di Rusia lalu. (whc/dakwatuna)

Konten Terkait
Disqus Comments Loading...