Home / Berita / Internasional / Asia / Iran Uji Coba Peluru Kendali Antikapal, Gertak Siapa?

Iran Uji Coba Peluru Kendali Antikapal, Gertak Siapa?

Kapal perang Iran di Selat Hormuz. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Washington. Iran melakukan uji coba peluru kendali jarak pendek antikapal dalam latihan angkatan lautnya pekan lalu. Hal ini sebagaimana diungkap oleh pejabat di Amerika Serikat, Jumat (10/08) kemarin.

Sementara itu, Washington meyakini bahwa uji coba di Selat Hormuz tersebut adalah gertakan untuknya. Tujuannya untuk mengirim pesan peringatan atas pemberlakuan kembali sanksi AS pada Teheran.

Komandan Militer AS Joseph Votel sejauh ini belum mengindikasikan apakah uji coba itu sesuatu luar biasa dalam latihan militer, atau dilakukan dengan tidak aman. Ia hanya menyebut uji coba dilakukan di perairan teritorial Iran di Selat Hormuz.

Pada Ahad (29/07) lalu, Garda Revolusi Iran menyebut pihaknya menggelar latihan militer beberapa hari sebelumnya. Disebutkan, pihaknya menargetkan “ancaman potensial” dari musuh.

Sedangkan Votel mengatakan, ruang lingkup dan skala latihan ini masih sama dengan yang digelar Iran sebelumnya. Namun, waktu penyelenggaraannya cukup menarik perhatian Washington.

“Sangat jelas bahwa mereka menggunakan latihan (perang) ini untuk mengirimkan pesan kepada kami. Mereka – meskipun menghadapi sanksi kami – masih memiliki kemampuan,” kata Votel kepada awak media.

Dari Pentagon, Votel menjelaskan bahwa militer AS sepenuhnya sadar akan aktivitas militer Iran.

“Kami sangat tahu apa yang terjadi dan sangat siap melindungi diri kami sendiri. Tentu dengan upaya kami untuk mencapai perdagangan bebas dan kebebasan perdagangan di perairan internasional,” pungkasnya. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Saya Kenal Pembunuh Jamal Khashoggi

Organization