Home / Berita / Internasional / Asia / Guna Hadapi Iran, Trump Dorong Pembentukan ‘NATO Arab’

Guna Hadapi Iran, Trump Dorong Pembentukan ‘NATO Arab’

Trump memegang papan rencana penjualan senjata kepada Saudi. (wartakota.tribunnews.com)
dakwatuna.com – Washington. Pemerintahan Amerika Serikat diam-diam mendorong upaya pembentukan aliansi politik dan militer baru di antara negara-negara Teluk. Aliansi itu akan terdiri dari enam negara Teluk, ditambah Mesir dan Yordania.

Menurut pejabat dari Washington dan Arab, aliansi tersebut didapuk untuk menghadapi ancaman dan manuver Iran.

Gedung Putih ingin melihat kerja sama yang lebih dalam antara negara-negara untuk melakukan pertahanan rudal, pelatihan militer, kontra-terorisme dan isu-isu lain seperti memperkuat hubungan ekonomi dan diplomatik regional, kata empat sumber.

Rencana dan aliansi tersebut dikenal dengan sebutan NATO Arab di kalangan Gedung Putih dan Timur Tengah. Disinyalir, aliansi akan meningkatkan ketagangan antara Amerika Serikat dan Syiah Iran, mengingat akan diisi oleh negara-negara Sunni.

Harapan Washington, aliansi yang sementara dikenal sebagai Aliansi Strategis Timur Tengah (MESA), akan dibahas dalam pertemuan puncak yang dijadwalkan oleh Washington pada 12-13 Oktober.

Gedung Putih menegaskan bahwa mereka sedang mengerjakan konsep aliansi dengan “mitra regional kami sekarang dan telah berjalan dalam beberapa bulan”.

Sumber dari beberapa negara Arab yang terlibat juga mengakui akan upaya baru untuk mengaktifkan rencana tersebut. Pejabat dari peserta potensial lainnya tidak memberi komentar apapun.

“MESA akan berfungsi sebagai benteng melawan agresi Iran, terorisme, ekstremisme, dan akan membawa stabilitas ke Timur Tengah,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Kantor Kedutaan AS di Ankara Ditembak Orang Tak Dikenal