Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Guna Hadapi Iran, Trump Dorong Pembentukan ‘NATO Arab’

Guna Hadapi Iran, Trump Dorong Pembentukan ‘NATO Arab’

Trump memegang papan rencana penjualan senjata kepada Saudi. (wartakota.tribunnews.com)
dakwatuna.com – Washington. Pemerintahan Amerika Serikat diam-diam mendorong upaya pembentukan aliansi politik dan militer baru di antara negara-negara Teluk. Aliansi itu akan terdiri dari enam negara Teluk, ditambah Mesir dan Yordania.

Menurut pejabat dari Washington dan Arab, aliansi tersebut didapuk untuk menghadapi ancaman dan manuver Iran.

Gedung Putih ingin melihat kerja sama yang lebih dalam antara negara-negara untuk melakukan pertahanan rudal, pelatihan militer, kontra-terorisme dan isu-isu lain seperti memperkuat hubungan ekonomi dan diplomatik regional, kata empat sumber.

Rencana dan aliansi tersebut dikenal dengan sebutan NATO Arab di kalangan Gedung Putih dan Timur Tengah. Disinyalir, aliansi akan meningkatkan ketagangan antara Amerika Serikat dan Syiah Iran, mengingat akan diisi oleh negara-negara Sunni.

Harapan Washington, aliansi yang sementara dikenal sebagai Aliansi Strategis Timur Tengah (MESA), akan dibahas dalam pertemuan puncak yang dijadwalkan oleh Washington pada 12-13 Oktober.

Gedung Putih menegaskan bahwa mereka sedang mengerjakan konsep aliansi dengan “mitra regional kami sekarang dan telah berjalan dalam beberapa bulan”.

Sumber dari beberapa negara Arab yang terlibat juga mengakui akan upaya baru untuk mengaktifkan rencana tersebut. Pejabat dari peserta potensial lainnya tidak memberi komentar apapun.

“MESA akan berfungsi sebagai benteng melawan agresi Iran, terorisme, ekstremisme, dan akan membawa stabilitas ke Timur Tengah,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization