Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan Sebut Iran Sebagai Tetangga dan Mitra Strategis Bagi Turki

Erdogan Sebut Iran Sebagai Tetangga dan Mitra Strategis Bagi Turki

Presiden Turki dan Presiden Iran. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut Iran sebagai tetangga dan mitra strategis. Menurutnya, memutus hubungan dengan mitra strategis bukan pemahaman Turki tentang kedaulatan.

“Memutuskan hubungan dengan mitra global strategis, sama seperti AS bagi kami, bertentangan dengan pemahaman kami tentang kedaulatan,” kata Erdogan sesaat sebelum bertolak ke Afrika Selatan, Rabu (25/07).

“Iran adalah tetangga dan mitra strategis kami. Ada begitu banyak perkembangan berdasarkan keuntungan bersama.”

Sebelumnya, Washington menyeru pada seluruh sekutunya untuk memutus impor minyak Iran pada November mendatang. Hal itu menyusul keputusan Trump untuk keluar dari kesepakatan nuklir dengan Iran pada Mei lalu.

Di Afrika Selatan, Erdogan akan menghadiri KTT yang akan diadakan antara Rabu dan Jumat. Kehadirannya di KTT akan berfungsi sebagai kontak tingkat tinggi pertama antara Turki dan blok BRICS.

Di sela-sela KTT, Presiden Turki diperkirakan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan para pemimpin semua negara anggota BRICS dan para pemimpin yang diundang lainnya.

Pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Erdogan dijadwalkan Kamis di sela-sela KTT, menurut pembantu presiden Rusia Yury Ushakov. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan Hadiri Peringatan 745 Tahun Kematian Jalaluddin Rumi

Organization