Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Presiden Cina Janji Bantu Pembangunan Negara-negara Arab dan Palestina

Presiden Cina Janji Bantu Pembangunan Negara-negara Arab dan Palestina

Presiden Cina Xi Jinping. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Beijing. Presiden Cina Xi Jinping berjanji akan memberi pinjaman untuk pembangunan ekonomi negara-negara Arab. Selain itu, ia juga akan memberi bantuan senilai $ 15.000.000 untuk Palestina.

Hal itu ia sampaikan dalam pidato pembukaan Pertemuan Tingkat Menteri Ke-8 dari Forum Kerja Sama Arab-Cina, Selasa (10/07). Acara digelar di ibu kota Cina, Beijing.

Dalam pidatonya, Xi berjanji akan menambah bantuan finansial untuk pembangunan Timur Tengah. Cina akan memberi pinjaman untuk pembangunan senilai $ 20 miliar kepada negara-negara Arab, imbuhnya.

Menurut Xi, pinjaman akan dialokasi untuk proyek-proyek dengan prospek yang bagus. Selain juga akan berdampak sosial yang positif bagi negara Arab yang punya kepentingan untuk rekonstruksi.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi menegaskan tekad negaranya untuk mewujudkan program bagi Palestina.

Cina juga telah memberi pinjaman kepada negara-negara Arab, termasuk $ 1,3 milyar untuk Djibouti sendiri. Ini sbeagaimana tercatat di China-Africa Research Initiative yang berbasis di Amerika Serikat.

Presiden Cina tengah berusaha mewujudkan visinya yaitu ‘Satu Sabu Satu Jalan’. Visi ini bernilai triliunan dolar, dengan tujuan menghidupkan kembali Jalur Sutra.

Forum Kerja Sama Arab-Cina terbentuk pada tahun 2004, atas inisiatif Mantan Presiden Cina Hu Jintao saat berkunjung ke markas Liga Arab di Kairo. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization