Home / Berita / Internasional / Asia / Perdana Menteri Turki Gelar Pesta Perpisahan

Perdana Menteri Turki Gelar Pesta Perpisahan

Perdana Menteri Turki terakhir, Binali Yildirim. (Anadolu)
dakwatuna.com – Ankara. Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menggelar pesta perpisahan dari jabatanya, Selasa (03/07) kemarin. Acara digelar di sebuah istana di ibu kota Ankara.

Yildirim menjadi perdana menteri terakhir dalam sejarah Republik Turki. Hal ini seiring dengan mulai berlakunya sistem pemerintahan ‘presidensial’ setelah pemilihan parlemen dan pesiden 24 Juni lalu.
Dalam sistem presidensial, konstitusi menghilangkan jabatan sebagai perdana menteri.

Saat memberi sambutan, Yildirim menyebut Turki memasuki detik-detik bersejarah. Selain juga menjadi titik balik dalam tradisi negara.

Sistem pemerintahan telah berakhir, katanya. Namun nilai-nilai negara masih tetap lestari.

“Demokrasi berdiri di atas hukum dan hak-hak asasi manusia. Ia merupakan nilai bersama yang pengalamannya telah berlangsung 140 tahun,” imbuhnya, dikutip dari Andolu Arabic, Rabu (04/07).

Yildirim menegaskan, perubahan sistem dari parlementer menjadi presidensial suatu keniscayaan. Tidak mungkin bagi negara yang tengah menghadapi serangkaian krisis, berjalan melewati persaingan, dan perkembangan baru.

Turki resmi mengadopsi sistem presidensial dalam tata kelola pemerintahannya. Ini merupakan amanat referendum yang digelar pada 16 April 2017 lalu. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Hamas: Menhan Israel Mundur, Kemenangan Politik bagi Gaza