Home / Berita / Internasional / Asia / Citra Erdogan Sebagai Pemimpin Kuat di Barat Meningkat Drastis

Citra Erdogan Sebagai Pemimpin Kuat di Barat Meningkat Drastis

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Anadolu)
dakwatuna.com – Ankara. Terpilihnya kembali Recep Tayyip Erdogan sebagai presiden Turki membuat citranya sebagai pemimpin kuat di negara-negara Barat meningkat. Hal ini disampaikan oleh pengamat politik asal Prancis, Jana Jabbour kepada kantor berita Anadolu.

“Tidak diragukan lagi, pemilu menjadi kemenangan besar bagi Erdogan dan partainya. Erdogan berhasil menjadi pemimpin populer yang dicintai rakyat (Turki),” kata Jabbour.

Jana Jabbour adalah seorang profesor ilmu politik dan peneliti di Pusat Penelitian Internasional (CERI) Pusat Ilmu Politik di Paris.

Menurut Jabbour, pemilu 24 Juni membuat Erdogan semakin kuat baik di domestik maupun internasional.

“Untuk skala domestik, pemilu menunjukkan bahwa Erdogan adalah sosok yang mempertimbangkan kepentingan negara, karena ia memperoleh 52,5% dari jumlah suara melawan lima kandidat lainnya. Ini sangat penting,” katanya.

“Untuk internasional, pemilu mengirimkan pesan bahwa Erdogan adalah pemimpin kuat kepada negara-negara Barat yang meyakini pemilu akan dua putaran.”

Jabbour juga menyebut Erdogan sangat objektif, dan akan membuat Turki diterima oleh negara-negara Eropa sebagai sekutu.

“Eropa tak menginginkan kemenangan Recep Tayyip Erdogan. Karena Erdogan adalah pemimpin dominan yang menantang kekuatan besar,” lanjutnya.

Jabbour menambahkan, negara-negara Barat harus menerima kemenangan Erdogan, serta bekerja sama dengannya dalam isu kontraterorisme dan pengungsi.

“Mereka tidak bahagia dengan terpilihnya kembali Erdogan, namun mereka harus bekerja sama dengannya.”

Terkait sikap anti-Erdogan oleh media Barat, terutama di Prancis, Jabbour menyebutnya justru membuat ekspatriat Turki terpacu untuk memilih Erdogan. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Dua Warga Palestina Gugur dalam Serangan Udara Israel

Organization