Topic
Home / Berita / Daerah / Jakarta Punya Modal Jadi Salah Satu Kota Terkemuka di Dunia

Jakarta Punya Modal Jadi Salah Satu Kota Terkemuka di Dunia

HUT DKI Jakarta ke-491. (jakarta.go.id)

dakwatuna.com – Tanggal 22 Juni 2018, kota Jakarta menapaki usia ke 491 Tahun. Sebuah usia yang cukup panjang bagi perjalanan sebuah kota. Sepanjang usianya, Jakarta sudah mencapai berbagai kemajuan. Namun, semakin bertambah usia, tantangan yang menghadang Jakarta juga semakin kompleks.

Terkait hal itu, anggota DPD RI Daerah Pemilihan DKI Jakarta Fahira Idris mengungkapkan bahwa kompleksitas yang dihadapi Jakarta salah satunya dikarenakan perannya yang tidak hanya sebagai ibu kota negara, tetapi juga menjadi pusat segala aktivitas baik itu ekonomi, sosial, politik, dan budaya.

Bertemunya semua aktivitas ini, melahirkan berbagai persoalan mulai dari yang klasik seperti macet, banjir, dan sampah hingga yang terbelit persoalan serius lainnya seperti keterbatasan lahan, ketersediaan lapangan pekerjaan, tingginya biaya hidup, sistem transportasi yang modern dan terintegrasi, dan juga pelayanan pendidikan dan kesehatan.

“Namun di tengah kompleksitas persoalan ini, saya meyakini Jakarta punya modal besar untuk menjadi salah satu kota terkemuka dunia di masa mendatang. Kuncinya adalah hadirkan keadilan dengan meretas kesenjangan atau ketimpangan yang begitu nyata di Jakarta, dan saya saksikan langsung, kalau Anies-Sandi sudah mulai meretas kesenjangan ini,” ungkap Fahira Idris, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Menurut Fahira, selama kesenjangan atau ketimpangan di sebuah kota masih ekstrem terjadi, maka kota tersebut akan terus terjebak di dalam lingkaran persoalan yang terus berputar tanpa jalan keluar karena sebagian besar warganya tidak berdaya memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Fahira menambahkan, jika kesenjangan sosial bisa diperkecil, maka dapat dipastikan di kota tersebut akan tercipta stabilitas sosial, politik dan ekonomi, layanan kesehatan, pendidikan, dan transportasi yang bermutu dan dinikmati semua warga, tingkat kriminalitas turun, serta tersebar pusat-pusat rekreasi.

“Kota terkemuka itu bukan hanya maju dan modern, tetapi warga yang tinggal di dalamnya juga bahagia karena berbagai kebijakan pemimpinnya memudahkan mereka menyelesaikan persoalan hidup sehari-hari”, papar Ketua Komite III DPD RI ini.

Namun, sambung Fahira, menjadikan Jakarta kota terkemuka di dunia tidak cukup hanya lewat program gubernur saja, tetapi perlu dukungan warga yang sama-sama punya visi besar dan kesadaran yang sama untuk menjadikan Jakarta, kota yang nyaman ditinggali bersama. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization