Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Berapa Jumlah Pengungsi di Seluruh Dunia Tahun 2017?

Berapa Jumlah Pengungsi di Seluruh Dunia Tahun 2017?

Pengungsi Rohingya di Perbatasan Bangladesh (ACT)
dakwatuna.com – New York. Perserikatan Bangsa-Bangsa merilis jumlah pengungsi dari seluruh dunia tahun 2017. Disebutkan, pengungsi hasil dari konfrontasi di seluruh dunia berjumlah 68,5 juta orang.

Jumlah tersebut berarti satu dari 110 orang di dunia adalah pengungsi. Sementara sebagian besar pengungsi berasal dari negara semacam Suriah dan Myanmar.

Laporan PBB menambahkan, jumlah pengungsi tahun 2017 bertambah sekitar 3 juta orang dibanding tahun 2016. Sementara dibanding 10 tahun yang lalu, jumlah itu bertambah hampir 50%.

“Kita berada pada fase kritis. Tanggapan terhadap pengusiran paksa dari seluruh dunia membutuhkan pendekatan baru yang lebih komprehensif, sehingga negara dan masyarakat tidak harus menghadapi situasi seperti ini,” kata Filippo Grandi, Komisioner Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi.

Grandi menambahkan, jumlah pengungsi yang lari akibat konflik di negaranya berjumlah 25,4 juta dari 68,5 juta jumlah total. Jumlah ini bertambah 2,9 juta dari tahun 2016.

Sementara jumlah yang menunggu status pengungsi di akhir 2017 bertambah sebesar 300.000 orang, sehingga jumlahnya mencapai 3.100.000 orang.

Seperlima dari jumah total itu berasal dari Palestina. Sementara sisanya sebagian besar berasal dari lima negara, yaitu Suriah, Afghanistan, Sudan Selatan, Myanmar dan Somalia. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization