Home / Berita / Internasional / Asia / Berapa Jumlah Pengungsi di Seluruh Dunia Tahun 2017?

Berapa Jumlah Pengungsi di Seluruh Dunia Tahun 2017?

Pengungsi Rohingya di Perbatasan Bangladesh (ACT)
dakwatuna.com – New York. Perserikatan Bangsa-Bangsa merilis jumlah pengungsi dari seluruh dunia tahun 2017. Disebutkan, pengungsi hasil dari konfrontasi di seluruh dunia berjumlah 68,5 juta orang.

Jumlah tersebut berarti satu dari 110 orang di dunia adalah pengungsi. Sementara sebagian besar pengungsi berasal dari negara semacam Suriah dan Myanmar.

Laporan PBB menambahkan, jumlah pengungsi tahun 2017 bertambah sekitar 3 juta orang dibanding tahun 2016. Sementara dibanding 10 tahun yang lalu, jumlah itu bertambah hampir 50%.

“Kita berada pada fase kritis. Tanggapan terhadap pengusiran paksa dari seluruh dunia membutuhkan pendekatan baru yang lebih komprehensif, sehingga negara dan masyarakat tidak harus menghadapi situasi seperti ini,” kata Filippo Grandi, Komisioner Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi.

Grandi menambahkan, jumlah pengungsi yang lari akibat konflik di negaranya berjumlah 25,4 juta dari 68,5 juta jumlah total. Jumlah ini bertambah 2,9 juta dari tahun 2016.

Sementara jumlah yang menunggu status pengungsi di akhir 2017 bertambah sebesar 300.000 orang, sehingga jumlahnya mencapai 3.100.000 orang.

Seperlima dari jumah total itu berasal dari Palestina. Sementara sisanya sebagian besar berasal dari lima negara, yaitu Suriah, Afghanistan, Sudan Selatan, Myanmar dan Somalia. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Cina Bertekad Jadi Pemimpin Energi Nuklir Dunia

Organization