Home / Berita / Internasional / Asia / Putin Sebut Pasukan Rusia Akan Tetap di Suriah

Putin Sebut Pasukan Rusia Akan Tetap di Suriah

Presiden Rusia, Vladimir Putin. (vanityfair.com)
dakwatuna.com – Moskow. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan tidak punya rencana untuk menarik pasukannya dari Rusia. Namun ia juga tidak akan membangun fasilitas militer permanen di sana.

“Pasukan akan tetap berada di sana selama itu menguntungkan Rusia, dan untuk memenuhi tanggung jawab internasional kami,” kata Putin dalam wawancara interaktif dengan stasiun televisi, Kamis (07/06).

Putin menambahkan, “Kami tidak membangun intalasi jangka panjang di sana. Bahkan jika perlu bisa saja menarik pasukan lebih cepat tanpa kehilangan materi.”

Menurut Putin, Perang Suriah menjadi pengalaman unik bagi pasukan Rusia.

“Pertama, penggunaan militer kami di medan tempur adalah … cara unik untuk peningkatan pasukan bersenjata kami. Tidak ada jumlah latihan militer yang bisa dibandingkan dengan penggunaan militer dalam kondisi pertempuran,” kata Presiden Rusia itu.

“Coba kita ingat, ribuan militan meninggalkan Rusia dan negara-negara di Asia Tengah, kemudian berkumpul di Suriah. Itu bagus untuk sepakat dengan mereka di sana, melikuidasi mereka, lalu membiarkam mereka kembali dengan senjata di tangan.”

Kremlin pertama kali melancarkan serangan udara ke Suriah pada September 2016. Itu merupakan invasi militer terbesar di Timur Tengah dalam satu dekade terakhir.

Ketika ditanya tentang kemungkinan perang dunia ketiga, Putin merespon dengan memperingatkan kemungkinan berakhirnya peradaban manusia. Untuk itu semua pihak harus menahan diri.

“Ancaman timbal balik kehancuran akan selalu membuat semua yang terlibat dalam arena internasional menahan diri, mencegah kekuatan militer memimpin dari membuat gerakan tergesa-gesa, dan memaksa peserta untuk saling menghormati.”

“Penarikan AS dari perjanjian anti rudal balistik merupakan upaya untuk kengakhiri paritas strategis. Tapi kami akan merespon hal itu,” pungkasnya. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Jangan Tutup-tutupi Fakta Pembunuhan Khashoggi