Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Amerika Serikat Ancam Veto Rancangan Resolusi Perlindungan Rakyat Palestina

Amerika Serikat Ancam Veto Rancangan Resolusi Perlindungan Rakyat Palestina

Situasi sidang DK PBB. (Aljazeera)
dakwatuna.com – New York. Washington mengumumkan pengajuan rancangan resolusi yang mengutuk serangan rudal Gaza ke wilayah Israel, Jumat (01/06). Selain itu, mereka juga mengancam akan memveto rancangan resolusi yang diajukan oleh Kuwait terkait perlindungan pada rakyat Palestina.

Menurut jadwal, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akan menggelar pertemuan terbuka. Tujuannya adalah untuk memvoting rancangan resolusi perlindungan rakyat Palestina.

Rancangan resolusi tersebut diinisiasi oleh Kuwait. Pada versi terakhir rancangan dikatakan, “Mempertimbangkan langkah-langkah yang menjamin keamanan dan perlindungan warga sipil Palestina, maka diminta kepada Sekjen PBB Antonio Guterres untuk melaporkan kemungkinan mekanisme perlindungan internasional.”

Menanggapi itu, Amerika Serikat justru mengedarkan rancangan resolusi serupa. Bedanya, rancangan resolusi itu bertujuan mengutuk serangan rudal dari Jalur Gaza yang menargetkan Israel.

Koresponden Aljazeera di New York Raid Faqih mengatakan, Dubes AS di PBB Nikki Haley mengecam keras rancangan milik Kuwait. “Ia bahkan menganggap itu sebagai kegagalan moral dan hanya mempertimbangkan satu pihak saja,” imbuhnya.

Haley mengatakan, “Resolusi ini sangat bias dan gagal secara moral. Ini hanya akan merusak proses lanjutan menuju perdamaian Palestina-Israel.”

“Amerika Serikat pasti akan menggunakan veto untuk rancangan resolusi yang diajukan Kuwait,”tegasnya.

Ini akan menjadi yang kedua kalinya dalam beberapa bulan saja bagi AS menggunakan veto untuk menghalangi PBB mengambil langkah terhadap konflik Palestina-Israel. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization