Home / Berita / Internasional / Asia / Israel Tekan AS Batalkan Penjualan Jet F-35 ke Turki

Israel Tekan AS Batalkan Penjualan Jet F-35 ke Turki

Israel berupaya batalkan pembelian Jet F-35 oleh Turki. (Yenisafak)
dakwatuna.com – Ankara. Entitas Zionis Israel berusaha menekan Amerika Serikat (AS) untuk membatalkan penjualan Jet F-35 ke Turki. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh surat kabar tertua Israel, Haaretz, Senin (28/05).

Haaretz menukil pernyataan dari seorang pejabat Israel. Disebutkan, Tel Aviv merasa khawatir dengan rencana pembelian F-35 oleh Turki tersebut.

Menurut pejabat tersebut, pihaknya saat ini tengah berunding dengan AS dan pihak lain terkait penjualan perangkat lunak yang mungkin Turki untuk mengembangkan pesawat tersebut.

Namun seperti biasa, Israel membantah kabar tersebut. Pemerintah zionis itu juga membantah semua perannya dalam upaya menggagalkan pembelian oleh Turki tersebut.

Berdasarkan kesepakatan, Turki rencananya akan menerima 100 buah Jet F-35. Namun upaya Israel tampaknya akan menemui kegagalan. Hal ini karena Turki turut berinvestasi sebesar 195 juta dolar dalam pengembangan pesawat tersebut.

Sebenarnya, bulan Juni mendatang Israel akan menerima sistem dan program canggih dari AS. Ini disebut-sebut akan meningkatkan kinerja pesawat dan sistem persenjataannya.

Namun keresahan Israel tetap tidak dapat ditutupi. Hal ini karena Turki juga akan menerima hal sama di masa mendatang. Untuk itu, menurut Haaretz, dilakukan pembicaraan agar pesawat yang dipasok ke Turki tanpa dibekali oleh perangkat lunak. Tujuannya agar Israel tetap unggul dalam persenjataan militer. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Bunuh Tujuh Warga Palestina, Israel Sebut Serangan ke Gaza Sebagai ‘Operasi Penyelamatan’