Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Israel Tekan AS Batalkan Penjualan Jet F-35 ke Turki

Israel Tekan AS Batalkan Penjualan Jet F-35 ke Turki

Israel berupaya batalkan pembelian Jet F-35 oleh Turki. (Yenisafak)
dakwatuna.com – Ankara. Entitas Zionis Israel berusaha menekan Amerika Serikat (AS) untuk membatalkan penjualan Jet F-35 ke Turki. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh surat kabar tertua Israel, Haaretz, Senin (28/05).

Haaretz menukil pernyataan dari seorang pejabat Israel. Disebutkan, Tel Aviv merasa khawatir dengan rencana pembelian F-35 oleh Turki tersebut.

Menurut pejabat tersebut, pihaknya saat ini tengah berunding dengan AS dan pihak lain terkait penjualan perangkat lunak yang mungkin Turki untuk mengembangkan pesawat tersebut.

Namun seperti biasa, Israel membantah kabar tersebut. Pemerintah zionis itu juga membantah semua perannya dalam upaya menggagalkan pembelian oleh Turki tersebut.

Berdasarkan kesepakatan, Turki rencananya akan menerima 100 buah Jet F-35. Namun upaya Israel tampaknya akan menemui kegagalan. Hal ini karena Turki turut berinvestasi sebesar 195 juta dolar dalam pengembangan pesawat tersebut.

Sebenarnya, bulan Juni mendatang Israel akan menerima sistem dan program canggih dari AS. Ini disebut-sebut akan meningkatkan kinerja pesawat dan sistem persenjataannya.

Namun keresahan Israel tetap tidak dapat ditutupi. Hal ini karena Turki juga akan menerima hal sama di masa mendatang. Untuk itu, menurut Haaretz, dilakukan pembicaraan agar pesawat yang dipasok ke Turki tanpa dibekali oleh perangkat lunak. Tujuannya agar Israel tetap unggul dalam persenjataan militer. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization