Home / Berita / Internasional / Amerika / Eropa Murka dengan Keputusan-keputusan Trump

Eropa Murka dengan Keputusan-keputusan Trump

Ada perselisihan antara negara-negara Eropa dan AS. (Aljazeera)
dakwatuna.com – London. Negara-negara Eropa, termasuk Inggris, dikabarkan murka dengan keputusan-keputusan yang diambil Presiden Donald Trump dalam 16 bulan terakhir. Bahkan, Eropa juga disebut bertekad akan melawan keputusan Washington.

Hal tersebut sebagaimana tertulis dalam sebuah artikel di The Times Inggris. Disebutkan, Eropa merasa sangat berseberangan dengan sejumlah keputusan Washington.

Di antara keputusan yang membuat murka Eropa adalah terkait kesepakatan nuklir Iran, perseteruan Palestina-Israel, iklim dan perdagangan internasional.

Penulis artikel, Michale Beyond, menyebut Inggris merasakan hal yang sama dengan negara Eropa lainnya. Padahal menurutnya, sejauh ini London sangat menjaga agar hubungan dengan Washington tetap baik.

Lebih lanjut Beyond menjelaskan, sikap London tersebut didasari oleh informasi bahwa Uni Eropa tengah mempertimbangkan undang-undang untuk mencegah perusahaan Eropa agar tidak melakukan boikot pada Iran.

Selain itu, UE juga berupaya mentransfer dana ke bank sentral Iran agar mendapat penghasilan dari minyak. Serta kemungkinan perdagangan dengan Teheran dilakukan dengan euro, bukan dolar.

Perselisihan Eropa dan AS bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya pernah terjadi perselisihan antara keduanya terkait hubungan dengan Uni Soviet, Kuba, krisis Terusan Suez, Bosnia, Kosovo, penyerangan Irak, rezim Muammar Khadafi di akhir hidupnya dan masih banyak lagi.

Namun Beyond menjelaskan perbedaan antara perselisihan masa lalu dengan sekarang. Menurutnya, di masa lalu meski berselisih namun komitmen AS terkait kepentingan sekutu Eropanya tetap tampak.

Sementara perselisihan yang terjadi saat ini ada karena melawan ancaman Trump, bahkan terkait penarikan diri AS dari NATO. Trump juga pernah memutuskan pengenaan biaya tambahan untuk impor baja dan aluminium Eropa. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Organization